Hapus Outsourcing, Alasan Buruh Kepincut Prabowo

Buruh Semarang Dukung Prabowo
Sumber :
  • Vivanews/RyanDwi
VIVAnews
Gak Main-main, Manusia Silver di Makassar Bisa Raup Hingga Rp 8 Juta per Bulan
  - Dukungan terhadap Prabowo Subianto-Hatta Rajasa di Pilpres 2014 terus membanjir. Sekitar 2.500 orang dari elemen buruh pabrik 21 perusahaan di Kota Semarang mendeklarasikan dukungan kepada pasangan nomor urut satu itu.

Terkuak 5 Kejadian yang Terjadi di Dunia Dikaitkan Ketakutan soal Kiamat

Massa, yang seluruhnya merupakan buruh pabrik, mendambakan penghapusan sistem
Geger Penemuan Fosil Ular Lebihi Ukuran T-rex, Begini Bentuknya
outsourcing dan adanya kenaikan gaji hingga 2,5 kali lipat yang dijanjikan Prabowo. Deklarasi dilakukan pada Sabtu, 21 Juni 2014, di Kawasan Industri Candi, Kota Semarang. Wilayah tersebut memang merupakan kawasan industri terbesar di Kota Lumpia.

Ketua Relawan Prabowo Center Kota Semarang, Sigit Ibnu Groho mengatakan, inisiasi dukungan ribuan buruh tersebut karena Prabowo-Hatta dipandang dapat mengakomodasi kepentingan buruh.


"Satu-satunya pemimpin nasional yang berani menjamin nasib para pekerja di seluruh Indonesia. Sesuai janjinya di debat capres, Prabowo mau menghapus
outsourcing
, " jelasnya.


Bagi buruh, kata dia, sistem
outsourcing
dianggap telah menyengsarakan dan memiskinan buruh. Oleh karena itu butuh ketegasan sikap pemimpin yang tak hanya berjanji, tapi berani membuat perubahan.


"Pasangan nomor 1 menjanjikan penambahan penghasilan 2,5 persen atau rata-rata pendapatan menjadi 6 juta rupiah. Ini untuk masa depan kami, " lanjutnya.


Koordinator Deklarator Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Semarang, Mualim menambahkan, sejumlah buruh yang berkumpul merupakan gerakan kesadaran yang tidak dipaksa oleh pihak manapun. Mereka juga tak berafiliasi di serikat pekerja manapun.


"Jadi dukungan ini murni kesadaran dan tidak mengganggu hari kerja karena sudah diizinkan oleh semua pemilik perusahaan," bebernya.


Selanjutnya, kata dia, setiap buruh yang telah berdeklarasi akan langsung melakukan langkah kongkrit pemenangan, mulai dari menggandeng seluruh
grass root
di perusahaan-perusahaan di Jawa Tengah.


Acara deklarasi dikemas dengan panggung hiburan dangdut serta doorprize. Selain itu ada pelepasan empat burung merpati sebagai simbol dukungan penuh kepada Prabowo-Hatta dari para buruh.


Janji-janji Prabowo-Hatta tentang penghapusan
outsourcing
dan kenaikan upah memang sangat menarik simpati dari para buruh. Salah satunya adalah Ani (24), buruh di kawasan industri Candi. Ia rela berpanas-panasan ikut mendeklarasikan dukungan untuk Prabowo-Hatta karena berharap kehidupannya bisa berubah jika pasangan nomor urut satu itu menang pada Pilpres 2014.


"Selama ini upah saya Rp 1,4 juta, dan itu masih kurang untuk kehidupan sehari-hari apalagi mengurus anak," ujarnya.


Ani berharap jika Prabowo terpilih menjadi Presiden ia memiliki gaji di atas Rp5 juta dan dia bisa ditarik menjadi pegawai tetap di tempat perusahaannya bekerja.


"Saya sudah 7 tahun kerja kontrak, saya ingin gaji naik dan diangkat sebagai pegawai tetap," pungkas warga asli Semarang itu. (ita)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya