Pemilu 2009

Protes, Tiga Partai WO dari Rapat Pleno

VIVAnews - Sidang pleno KPUD Subang, yang digelar sejak pukul 08.00, Sabtu 18 April 2009, diwarnai aksi walk out yang dilakukan oleh pimpinan tiga partai, yakni Partai Hanura, PBB dan Barnas. Aksi tersebut dilakukan sebagai protes terhadap kinerja KPUD yang dinilai melanggar aturan main.

Aksi berawal ketika ketua KPUD Subang, Kaka Suminta menjelaskan dari 30 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), baru 19 PPK yang sudah mneyerahkan hasil akhir rekap perolehan suara Pileg 9 April silam. “Kami minta rapat pleno ditunda sampai 30 PPK selesai menyerahkan hasil rekapitulasi. Kami tidak bertanggungjawab dengan hasil itu, jika tetap dilaksanakan,” tegas Ketua DPC Hanura, Iriana, kepada wartawan, diluar gedumng KPUD.

Senada dengan Iriana, Ketua DPC PBB Nenda Karya dan Ketua Partai Barnas, Budi Ediyanto, keduanya menyayangkan sikap KPUD yang dinilai tidak professional dalam menjalankan tugasnya. “Yang harus difahami oleh KPUD adalah, agenda ini adalah agenda Parpol. Jika kemudian muncul permasalahan dari parpol, maka harus diakomodir. Tapi ini kan tidak,” tegas Nenda.

Menanggapi adanya aksi WO yang dilakukan beberapa pengurus partai, Ketua KPUD Subang, Kaka Suminta menjelaskan.aksi tersebut tidak akan berpengaruh terhadap keabsahan proses rapat pleno.“Kita hargai semua aspirasi, termasuk mereka yang WO. Tapi (aksi mereka) tidak mengurangi substansi pleno, kita tetap akan lanjutkan, sambil menunggu dari PPK lain yang belum menyerahkan,” jelasnya

Dari informasi yang dihimpun VIVAnews, sampai dengan pukul 16.00 WIB, prosesi rapat pleno baru menyelesaikan pembacaan rekapitulasi perolehan suara dari tiga kecamatan, yakni Kecmatan Sagalaherang, Tanjungsiang dan Kecamatan Cisalak.

Sementara itu, di luar gedung KPUD di Jalan Mayjen Soetoyo Subang, nampak 312 aparat kepolisian dikerahkan untuk menjaga keamanan proses rapat pleno. Bahkan, sejak Jumat malam, 17 April 2009 tadi, jalur yang menghubungkan ke gedung KPUD, nampak sudah disterilkan. Setidaknya, terdapat tiga titik yang menjadi konsentrasi pengamanan dari kepolisian, yakni, di ruas jalan yang menghungkan gedung KPUD, pintu gerbang KPUD dan di pintu masuk rapat pleno.


Laporan: Inin Nastain | Subang

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya
Aksi panggung Reza Artamevia dalam Soul Intimate Concert 2.0

Ajak Bernostalgia, Dewa 19 hingga Reza Artamevia Guncang Panggung Soul Intimate Concert 2.0

Dewa 19, Reza Artamevia dan Maliq & D'Essentials hibur penonton dengan deretan hits ngetop di panggung Soul Intimate Concert 2.0.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024