Gerindra Habiskan Rp434 Miliar di Pemilu Legislatif

Kampanye Terbuka Partai Gerindra di Stadion GBK
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews
BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya
- Partai Gerindra menghabiskan dana sebesar Rp434 miliar selama kampanye Pemilu Legislatif (Pileg) 9 April 2014 lalu. Hal itu terlihat dari laporan penerimaan dan pengeluran dana mereka ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Rabu 23 April 2014.

Mobil Listrik Vinfast Pakai Sistem Sewa Baterai, Segini Biayanya

"Jumlah total penerimaan sendiri sekitar Rp435 miliar yang berasal dari sumbangaan perseorangan, badan usaha, dan calon anggota legislatif (caleg)," kata Bendahara Umum Partai Gerindra Thomas Djiwandono di Kantor KPU.
Dominasi Skuad Timnas U-23 di Piala Asia, Menpora Dito Akan Terus Maksimalkan PPLP dan SKO


Thomas mengatakan dana sebesar itu digunakan untuk iklan di berbagai media, seperti televisi dan media cetak. Selain, uang juga dipakai untuk membiayai logistik, pertemuan terbatas, dan lain sebagainya.


"Laporan keuangan ini adalah laporan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye Partai Gerindra untuk 11 Januari 2013-17 April 2014," ujar dia.


Thomas mengklaim Gerindra akan terbuka dalam pelaporan keuangan mereka. Partai yang dipimpin oleh Prabowo Subianto itupun siap menjalani proses audit keuangan yang akan dilakukan oleh KPU melalui kantor akuntan publik yang sudah ditunjuk.


Sebelumnya, KPU mengingatkan peserta Pemilu 2014, baik partai politik ataupun calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), untuk melaporkan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye terakhir mereka. KPU menetapkan batas akhir dari pelaporan itu paling lambat 15 hari sesudah hari/tanggal pemungutan suara yang jatuh pada 24 April 2014 pukul 18.00 WIB.


Laporan kali ini merupakan ketiga kalinya setelah yang pertama pada 27 Desember 2013, dan kedua pada 2 Maret 2013 yang lalu. Sedangkan, format laporannya adalah partai politik melampirkan para caleg mereka. Semntara anggota DPD melampirkan laporannya secara terpisah. (ita)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya