Bermodal Rp500 Juta, Ruhut Kembali ke Senayan

Ruhut Sitompul.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Politisi Partai Demokrat Ruhut Sitompul memastikan diri akan kembali melenggang ke Senayan sebagai wakil rakyat. Poltak, kerap disapa, merupakan satu-satunya caleg Demokrat incumbent yang berhasil lolos di daerah pemilihannya Sumatera Utara 1.

Ia mengalahkan dua rival satu partainya, Soetan Bhatoegana dan Ramadhan Pohan, yang harus rela melepaskan kursi amanat rakyat itu. Ruhut mengklaim berhasil menguasai hampir seluruh wilayah area kampanyenya.

"Saya kembali terpilih. Saya unggul di beberapa wilayah di Sumut 1, berbeda dengan nasib dua rekan saya (Soetan Bhatoegana dan Ramadhan Pohan)," tutur Ruhut kepada VIVAnews, Selasa 22 April 2014.

Ruhut menuturkan, perolehan suaranya dengan beberapa rekan separtainya terpaut jauh. Soetan Bhatoegana, misalnya. Di Medan, suara Ruhut menembus angka 25.000, sedangkan Soetan hanya mengantongi 15.000 suara. Kondisi serupa disebutnya juga terjadi di berbagai daerah pemilihan lain.

Juru bicara Partai Demokrat itu mengklaim, sikapnya yang vokal di depan publik telah mengantarkannya kembali dipercaya masyarakat. Termasuk aksi blusukan yang kerap kali dipertontonkan Ruhut saat berkampanye.

"Tak hanya itu, saya juga bersih dari kasus korupsi, itu yang membuat masyarakat percaya. Saya juga kerap vokal, blusukan ke pasar saat kampanye, tidur di rumah penduduk dan itu tidak dilakukan dua rekan saya. Makanya dia kalah," kata Ruhut.

Ruhut membantah  disebut berhasil mencuri hati rakyat dengan menggunakan uang. Ruhut mengaku tak menghabiskan dana banyak seperti para caleg lainnya.

"Cuma habis Rp500 juta, dan itu sudah saya laporkan ke KPK. Tahun 2009 lalu, bahkan cuma Rp350 juta. Pengeluaran saya cuma banyak di menginap di hotel dan biaya ongkos pesawat," tuturnya.

Terancam PHK Massal, Ratusan Karyawan Polo Ralph Lauren Demo di Depan MA

Demokrat Percaya Diri

Ditanya tentang arah koalisi Partai Demokrat menjelang pemilihan presiden 2014, Ruhut menyatakan hingga kini partainya tetap percaya diri. Kendati hanya mendulang 9,7 persen suara, Demokrat optimistis tetap akan menjadi partai yang cukup diperhitungkan.

Meski belum secara resmi menyatakan ke mana koalisi akan berlabuh, Ruhut mengatakan Demokrat tertarik dengan kesetiaan partai berhaluan Islam. Kondisi itu dinilainya terbukti saat Demokrat berkuasa.

"Partai Islam itu setia, meski sama-sama papan tengah, tetapi bisa diperhitungkan jika bersatu," tuturnya.

Kendati demikian, lanjut ia, keputusan itu akan ditentukan usai Konvensi Demokrat awal Mei mendatang. Pemegang mandat tertinggi dikatakannya berada di tangan Susilo Bambang Yudhoyono. "Semua tergantung Pak SBY," ujarnya.

Diskriminasi Terhadap Perempuan Dalam Pekerjaan Kian Parah di Tiongkok
Starbucks Indonesia menyerahkan ribuan buku untuk anak-anak.

Hari Buku Sedunia, Starbucks Indonesia Serahkan 8.769 Buku untuk Anak-anak

Ribuan buku tersebut merupakan donasi dari para pelanggan Starbucks Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024