SBY: Soal Capres, Demokrat Segera Ambil Sikap

Pidato Perdana SBY
Sumber :
  • Biro Pers Istana/Abror Rizki
VIVAnews
Ketua DPRD Jambi Hadiri Akad Nikah Pernikahan Putri Sulung Gubernur Al Haris
– Partai Demokrat hingga saat ini belum menentukan sikap akan berkoalisi dengan partai mana, dan belum menyatakan dukungan terhadap calon presiden tertentu. Demokrat sengaja tidak terburu-buru dalam mengambil langkah usai Pemilu Legislatif 2014.

Langkah Prabowo Larang Pendukung Demo di MK Dinilai Bisa Jaga Kesejukan Demokrasi

Meski demikian, Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono, mengatakan akan menyampaikan pandangannya soal hal-hal tersebut dalam waktu dekat. “Kami akan segera mengambil pilihan apakah mendukung capres-cawapres tertentu. Saya bisa beri dukungan pribadi, tapi tidak harus begitu,” kata SBY dalam wawancara dengan
OJK Beberkan Kunci Hadapi Memanasnya Dinamika Ekonomi Global
Suara Demokrat di
YouTube
, Kamis 17 April 2014.


Menurut SBY, untuk urusan sepenting memberikan dukungan kepada capres, menetapkan partai akan berkoalisi atau beroposisi, tidak bisa diambil dengan tergesa-gesa.


“Itu soal penting, karena akan menentukan perpolitikan kita lima tahun mendatang. Kita tahu bahwa dalam psikologi, kalau sedih, kecewa, emosional, marah, jangan ambil keputusan penting. Biar semua tata hati masing-masing, setelah itu secara rasional dan tidak emosional baru berpikir bagaimana baiknya,” ujar SBY.


Sebelumnya, SBY juga mengatakan, kader-kader Demokrat sedih dan kecewa karena perolehan suara partai turun tajam dibanding Pemilu 2009. Berdasarkan hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei, Demokrat menempati peringkat keempat dengan perolehan suara sekitar 10 persen.


Meski saat ini banyak manuver soal koalisi dan capres-cawapres, kata SBY, Demokrat memilih untuk tenang dan melakukan pemetaan politik dengan matang. “Sehingga, pada saatnya kami bisa mengambil posisi terbaik bagi Demokrat maupun rakyat,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya