Peluang Roy Suryo Kembali ke Senayan Sangat Tipis

Roy Suryo (kiri)
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Nasib Roy Suryo yang kembali mencalonkan diri sebagai caleg DPR RI dari Partai Demokrat Dapil DIY, sama seperti partainya. Perolehan suaranya jatuh bebas dibandingkan lima tahun lalu.

Dengan begitu, tampaknya Roy gagal kembali ke Senayan. Hal itu ditegaskan Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Bantul, Nur Rochmad. Berdasarkan hitung riil suara di TPS, Menteri Pemuda dan Olahraga itu kalah dengan caleg Ambar Polah.

“Roy Suryo menang dalam hitung cepat. Namun di hitungan riil, suara kerabat Puro Pakualaman itu kalah jauh dengan caleg Ambar Polah,” kata Nur kepada VIVAnews, Kamis, 17 April 2014.

Menurut dia, suara Ambar Polah menang di wilayah Kabupaten Gunungkidul, Bantul, Kulonprogo, dan Sleman. Sedangkan raupan suara Roy Suryo hanya datang dari Kota Yogyakarta. Baliho raksasa dan reklame tak bisa mendongkrak perolehan suara Roy.

“Kalau Partai Demokrat hanya mendapatkan satu kursi, maka yang melenggang ke Senayan adalah Ambar Polah,” ia memastikan.

Nur menjelaskan, kesibukan Roy sebagai menpora mungkin jadi penyebab suaranya anjlok. Sebab, dengan begitu, waktu Roy untuk turun ke masyarakat jadi sangat terbatas. Berbeda dengan Ambar Polah, yang punya lebih banyak waktu untuk turun ke masyarakat.

Sebelumnya, Roy mengaku tak punya harapan besar masuk ke Senayan dengan perolehan suaranya.

MAKI Kirim Surat ke Nurul Ghufron, Minta Bantuan Mutasi ASN di Papua ke Jawa

“Saya memperkirakan Partai Demokrat hanya memeroleh suara 6 persen di DIY. Dengan kondisi itu, hanya ada satu wakil yang mungkin ke Senayan,” katanya.

Ia mengakui, kekalahan telak partai bentukan Susilo Bambang Yudhoyono itu di Yogyakarta, disebabkan pemberitaan miring soal politisi yang terjerat kasus korupsi.

“Ditambah stigma Partai Demokrat menolak keistimewaan DIY, itu memperburuk citra partai. Itu fakta yang harus diterima oleh kader dan simpatisan Partai Demokrat di DIY,” tutur Roy pasrah. (art)

LPS gelar jumpa pers di Kota Medan.(B.S.Putra/VIVA)

Kantor LPS Bakal Hadir di Medan, Diresmikan 3 Mei 2024

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) kini membuka Kantor Perwakilan LPS I Medan, di Gedung Sinarmas Plaza, Kota Medan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024