Analis: Posisi Jokowi Bisa Terjegal Koalisi Golkar dan Demokrat

Jokowi tiba di Lampung untuk kampanye PDIP
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Kristian Ali

VIVAnews - Hasil hitung cepat Pemilihan Umum 2014 sementara menyebutkan, PDIP menduduki posisi puncak perolehan suara. Nama Joko Widodo sebagai calon presiden pun melejit.

Namun menurut analisis Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, posisi Jokowi belum aman. Bila PDIP salah membangun koalisi, maka itu bisa mengganggu Jokowi dalam Pemilihan Presiden mendatang.

Lalu, partai-partai lain yang juga memeroleh suara cukup tinggi, yakni Golkar dan Gerindra, masih bisa “menjegal” langkah Jokowi. Asal, kata Burhanuddin, mereka menggandeng partai yang tepat.

“Partai Demokrat menjadi kunci, karena mendapat hampir 10 persen suara. Perolehan suara dan figur SBY membuat Demokrat bisa menentukan siapa yang akan maju, ARB atau Prabowo,” ujar Burhanuddin Muhtadi di kawasan Cikini, Jakarta, Selasa, 15 April 2014.

Menurut dia, Aburizal Bakrie dari Partai Golkar dan Prabowo dari Gerindra membutuhkan Demokrat karena kedua capres itu belum aman. Kekuatan Demokrat bisa mendorong elektabilitas kedua capres itu.

Angin Segar untuk Startup Pemula

Internal Golkar

Bila koalisi dengan Demokrat, lanjut Burhanuddin, Golkar akan mampu mengimbangi PDIP. ARB bisa mengalakan Jokowi dan bersaing dengan Prabowo. Yang menjadi masalah, hanya internal Golkar.

“ARB harus membenahi internal Gollkar. Kondisinya tidak cukup solid. Koalisi ini bisa mendorong elektabilitas,” ungkapnya.

Burhanudin menambahkan, selain bisa menjadi penentu poros koalisi antara Gerindra atau Golkar, Demokrat juga bisa menggalang mitra koalisinya di Setgab untuk kembali membangun koalisi poros keempat. Itu lebih mudah dan menguntungkan.

“Saat ini, Golkar menjadi pemimpin Setgab,” tuturnya.

Bukan hanya koalisi yang bisa mematikan langkah Jokowi. Gubernur DKI Jakarta itu juga masih mungkin dikalahkan jika pola manajemen pemenangan PDIP masih menggunakan pola yang sama. (ren)

Akting Jadi Mafia yang Misterius, Maxime Bouttier: Aku Aslinya Cerewet
Chandrika Chika

Alasan Chandrika Chika dan Teman-teman Pakai Narkoba Cuma Buat Senang-senang

Selebgram Chandrika Chika dan 5 orang temannya ditetapkan sebagai tersangka kasus penyalahgunaan narkoba. Mereka diamankan setelah mengadakan pesta narkoba.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024