Ada Pemungutan Suara Ulang, PDIP Yakin Tetap Menang

Semarak Piala Dunia Hiasi TPS Rutan Pondok Bambu
Sumber :
  • VIVAnews/Ahmad Rizaluddin

VIVAnews - Pemungutan suara ulang akan dilakukan di sejumlah Tempat Pemungutan Suara di Provinsi Jawa Barat. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Jawa Barat yakin pemungutan suara ulang tersebut tidak akan berpengaruh secara signifikan, pada kemenangan di Pemilu Legislatif.

"Saya pikir pemungutan suara ulang tidak akan berpengaruh signifikan," kata Wakil Ketua Bidang Infokom DPD PDIP Jawa Barat, Waras Wasisto, Sabtu 12 April 2014.

Menurut Waras, yang juga sekretaris Badan Pemenangan Pemilu DPD PDIP Jawa Barat, karena pemungutan suara ulang hanya dilakukan di TPS yang mengalami surat suara tertukar. "Tidak berpengaruh untuk mengubah persentase hasil perolehan suara, baik di Jawa Barat ataupun secara nasional," ujarnya.

Berdasarkan info dari KPU Jawa Barat dan Bawaslu Jawa Barat, surat suara tertukar mayoritas terjadi di DPR dan DPRD tingkat kota/kabupaten. "Secara global, kasus surat suara tertukar tidak berpengaruh. Tapi, untuk DPRD tingkat dua sangat berpengaruh," katanya.

DPD PDIP Jawa Barat sudah mengumpulkan seluruh pengurus DPC sampai pengurus ranting di seluruh kabupaten/kota, untuk mengawasi secara ketat proses pemungutan suara ulang. "Kami enggak mau kecolongan," katanya.

Di Jawa Barat, hasil hitung cepat sejumlah lembagai survei, PDIP memperoleh suara 20 persen lebih. Sekaligus, menempatkan partai berlambang banteng moncong putih, sebagai pemenang di provinsi dengan penduduk terbesar di Indonesia.

Pakai Uang Palsu Beli Narkoba dan Punya Senpi Rakitan, Pecatan TNI AL di Lampung Ditangkap

"Bahkan hitung cepat ini melebihi survei, yang menempatkan kami di posisi 18,5 sampai 18,9 persen," katanya.

Hasil hitung cepat itu juga memperlihatkan grafik peningkatan perolehan suara PDIP di Jawa Barat. Pada 2009, PDIP Jawa Barat hanya meraih 14 persen suara. "Tahun ini naik hampir 50 persen," ujarnya.

"Kami yakin di hitung manual nanti, persentase PDIP Jawa Barat bisa 21 persen," tambahnya. (art)

Kemenag Gelar Peringatan Nuzulul Qur'an Nasional Tahun 2024

Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Nasional, Kemenag: Spirit Bawa Indonesia Menjaga Keragaman

Peringatan Nuzulul Qur'an tingkat nasional, digelar oleh Kementerian Agama atau Kemenag. Pada tahun 2024 ini, digelar di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, pada Rabu kemarin.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024