189 Kamar VIP Rumah Sakit Jiwa Klaten untuk Caleg Stres

Seorang perawat tengah membereskan ranjang pasien di suatu rumah sakit.
Sumber :
  • Antara/ Akbar Nugroho Gumay
VIVAnews - Rumah Sakit Jiwa Daerah Dokter Soedjarwadi Klaten mulai mempersiapkan ruang perawatan untuk anggota calon legislatif yang stres karena gagal menang di Pemilu 2014. Persiapan tersebut mulai dari penyediaan peralatan kelas VIP, tenaga perawat, hingga pelayanan.
Polisi Ungkap Kronologi Siswi SD di Lamongan Meninggal karena Pankreas Luka

Direktur RSJD Dokter Soedjarwadi Klaten, Tri Kuncoro, menegaskan dampak dari Pemilu, khususnya bagi caleg yang gagal, akan sangat tinggi dan bisa mempengaruhi kejiwaan.
BNI Apresiasi Tim Thomas Cup dan Uber Cup Indonesia yang Sukses ke Final

Meski Tri tidak mengharapkan para caleg tersebut mengalami gangguan kejiwaan, namun pihak RSJD sudah sejak jauh hari mempersiapkan ruangan perawatan itu. Sebab, para caleg itu termasuk anggota masyarakat yang wajib mendapatkan pelayanan, layaknya masyarakat biasa. 
Arif Budimanta Sebut UU Cipta Kerja Beri Banyak Manfaat kepada Pelaku UMKM

Untuk itu, pihak RSJD mengimbau agar para caleg maupun tim sukses mengenali dampak, termasuk persiapan mental jika kalah.

Selain kamar biasa, sejumlah ruang dengan fasilitas VIP juga telah disiapkan. Sehingga jumlah keseluruhan kamar pasien tersedia sebanyak 189 ruangan.

Kelas VIP dilengkapi fasilitas yang relatif mewah, seperti toilet pribadi dan kamar mandi dengan air panas, televisi, lemari pendingin, dan dua unit tempat tidur kelas atas.

"Suasana nyaman dan relaksasi menjadi situasi awal yang harus diciptakan agar memudahkan perawatan dan penanganan kejiwaan bagi para pasien yang stres," ujar Tri Kuncoro.

Selain menyiapkan kamar perawatan, paska Pemilu RSJD juga menyediakan ruangan khusus pengaduan masyarakat. Diharapkan, ruangan inipun bisa digunakan untuk melakukan konsultasi psikologi menghadapi Pemilu, baik untuk para caleg maupun tim suksesnya.

Laporan: Salahuddin/tvOne
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya