Bawaslu: Semua Partai Lakukan Pelanggaran Kampanye

Kampanye PKS masih libatkan anak-anak
Sumber :
  • Daru Waskita/VIVAnews
VIVAnews - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mencatat bahwa semua partai politik melakukan pelanggaran saat kampanye rapat umum atau terbuka hari pertama. Menurut  Ketua Bawaslu, Muhammad, pelanggaran paling masif adalah dengan melibatkan anak-anak saat kampanye.
5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

"Semua parpol melakukan pelanggaran. Saya kira ini hal yang terus berulang. Tapi karena ini tahapan Pemilu, harus ditindak. Kami proses temuan ini," kata Muhammad di Jakarta, Senin 17 Maret 2014.
Respons Keluarga Via Vallen Soal Penggerudukan dan Dugaan Penggelapan Motor

Muhammad melanjutkan, pelanggaran berikutnya adalah melintas di luar daerah pemilihan (dapil) yang sudah ditentukan. Dia memastikan Bawaslu akan cepat merespons. 
Ini Hal Paling Diwaspadai Arema FC dari PSM Makassar

"Ini prinsipnya di mana terjadi, di situ ditindak. Kalau di pusat Bawaslu RI, kalau provinsi Bawaslu Provinsi," ujarnya.

Muhammad mengemukakan, bahwa pihaknya selalu berkoordinasi sekaligus memperingatkan liaison officer (LO) masing-masing partai mengenai pelanggaran tersebut. Apabila pelanggaran dilakukan secara berulang-ulang, kata dia, Bawaslu tak segan memberikan sanksi terberat kepada mereka.

"Partai yang bersangkutan tak diberi kesempatan pada waktu kampanye berikutnya. KPU sudah tetapkan sampai 5 April 2014. Kalau sanksi itu ditegakkan kesempatan (kampanye) itu berkurang dan ini merugikan parpol," ucapnya.

"Pelanggaran pertama semua partai dapat teguran karena melibatkan anak-anak. Kami sudah surati KPU supaya diberi teguran pertama kalau teguran berulang Bawaslu akan tegas, parpol diskualifikasi," tambahnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya