Pertanyakan "Perjanjian Batu Tulis", Prabowo: Saya Salah Apa

Mega-Prabowo Daftar ke KPU
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto, mengaku, beberapa bulan lalu sudah mencoba untuk menemui Megawati gunan mempertanyakan isi "Perjanjian Batu Tulis".

Namun, pucuk pimpinan PDIP itu tak memberikan respons. Kata Prabowo, hingga PDIP mendeklarasikan untuk mengusung Joko Widodo sebagai capres, Megawati belum pernah menghubunginya guna membahas perjanjian itu.

"Saya tak mengerti salah apa, saya selalu menghormati beliau (Megawati). Saya merasa tidak pernah berbuat salah apa-apa. Saya ingin kebaikan bangsa dan negara Indonesia," kata Prabowo, Minggu 16 Maret 2014.

Prabowo menambahkan, perjanjian antara dua tokoh yang mewakili partai besar tentu bisa diakhiri. Namun, perjanian dia selaku pucuk pimpinan Gerindra dengan Megawati sebagai ketua umum PDIP yang ditandatangani di atas materai itu harus ada pemberitahuan.

"Perjanjian kalau tidak cocok bisa saja diakhiri, tapi saya diberitahu," ujar Prabowo.

Dalam "Perjanjian Batu Tulis" yang ditandatangani Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati dan Prabowo pada 16 Mei 2009, soal dukungan terhadap Prabowo sebagai calon presiden 2014 terdapat pada poin 7. Perjanjian itu terdiri atas tujuh poin kesepakatan.

Berikut "Perjanjian Batu Tulis" dua parpol yang kini beredar luas:

1. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) sepakat mencalonkan Megawati Soekarnoputri sebagai calon presiden dan Prabowo Subianto sebagai calon wakil presiden dalam Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden 2009.

2. Prabowo Subianto sebagai Wakil Presiden, jika terpilih mendapat penugasan untuk mengendalikan program dan kebijakan kebangkitan ekonomi Indonesia yang berdasarkan asas berdiri di atas kaki sendiri, berdaulat di bidang politik, dan berkepribadian nasional di bidang kebudayaan dalam kerangka sistem presidential.

Esensi kesepakatan ini akan disampaikan Megawati Soekarnoputri pada saat pengumuman pencalonan presiden dan wakil presiden, serta akan dituangkan lebih lanjut dalam produk hukum yang sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

3. Megawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto bersama-sama membentuk kabinet. Berkaitan dengan penugasan pada butir 2 di atas, Prabowo Subianto menentukan nama-nama menteri, yang terkait menteri-menteri tersebut adalah Menteri Kehutanan, Menteri Pertanian, Menteri Keuangan, Menteri BUMN, Menteri ESDM, Menteri Kelautan dan Perikanan, Menteri Perindustrian Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Menteri Hukum dan HAM, Menteri Pertahanan.

4. Pemerintahan yang terbentuk akan mendukung program kerakyatan PDI Perjuangan dan 8 program aksi Gerindra untuk kemakmuran rakyat.

5. Pendanaan pemenangan pemilu presiden dan wakil presiden 2009 ditanggung bersama-sama dengan persentase 50 persen dari pihak Megawati Soekarnoputri dan 50 persen dari pihak Prabowo Subianto.

6. Tim sukses pemenangan pemilu presiden dan wakil presiden dibentuk bersama-sama melibatkan kader-kader PDI Perjuangan dan Partai Gerindra serta unsur-unsur masyarakat.

7. Megawati Soekarnoputri mendukung pencalonan Prabowo Subianto sebagai calon presiden pada pemilu Presiden tahun 2014.

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil

Beberapa waktu lalu, politisi senior PDIP Sabam Sirait yang ikut meneken "Perjanjian Batu Tulis" justru mengatakan, tak ada butir soal dukungan PDIP ke Prabowo sebagai capres 2014 dalam perjanjian itu.

“Hanya capres dan cawapres 2009, bukan 2014. Hanya mencantumkan kerja sama antara PDIP dan Gerindra untuk pencalonan Megawati sebagai capres dan Prabowo sebagai cawapres 2009,” ujarnya.

Netizen Murka Disebut Suara Paslon 02 Nol: Mungkin Aku yang Dimaksud Angin Tak ber-KTP

Entah versi mana yang benar soal "Perjanjian Batu Tulis" antara PDIP dan Gerindra itu. Baca juga: (art)

Sapi Albino Ko Muang Phet.

Thailand Prime Minister Welcomes Albino Buffalo to Government House

Thailand Prime Minister Srettha Thavisin welcomed an extraordinary visitor at his offices, an enormous white buffalo named Ko Muang Phet.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024