Pemilu 2009 di Luar Negeri

PKS Menang Telak di Mesir

VIVAnews - Partai Keadilan dan Sejahtera menang mutlak dalam pemilihan umum calon legislatif di Kairo, Mesir yang digelar Kamis, 9 April 2009.

Pemilu di Kairo, menurut Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) diikuti oleh sekitar 3.072 pemilih. "Kami puas, prosentase pemilih mencapai lebih dari 60 persen," ujar Ketua PPLN Kairo, Muhammad Abdullah dalam siaran pers yang diterima VIVAnews, Sabtu, 11 April 2009. "Ini melebihi target kami 50 persen dari daftar pemilih tetap (DPT)."

Pemilu di Kairo diselenggarakan di dua tempat pemungutan suara (TPS). Penghitungan suara yang dimulai pukul 19.30 waktu setempat di kedua TPS dihadiri oleh Pengawas Pemilu dan perwakilan 5 partai politik Indonesia dan masyarakat umum.

Penghitungan suara memakan waktu cukup lama dan baru selesai Jumat, satu hari setelahnya pada pukul 7.00.

Dari hasil penghitungan di kedua tempat pemungutan suara, PKS berhasil menjaring suara terbesar. PKS merebut 1.658 suara (53,9%), disusul PKNU 513 suara (16%), Partai Demokrat 354 suara (11,5%), Partai Golkar 131 suara (4%), PAN 56 surat suara (1%).

Jumlah surat suara tidak sah mencapai 119 suara dan telah diterima pula 5 orang pemilih tambahan (pindah). Panitia KPPSLN dan seluruh saksi telah menyepakati dan menuangkan hasil pelaksanaan Pemilu DPR RI dalam sebuah berita acara dan menyampaikannya ke PPLN sebagai laporan hasil pelaksanaan penyelenggaraan Pemilu.

Arus Lalu Lintas di Puncak Bogor Hari ke 2 Lebaran Padat, Polisi Berlakukan Ganjil Genap dan Oneway
Politikus PPP Sandiaga Uno saat bersilaturahmi ke kediaman Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara Nomor 4, Jakarta, Rabu malam (10/4/2024).

Bertamu ke Rumah Prabowo, Sandiaga: Hanya Silaturahmi Lebaran

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PPP, Sandiaga Uno mengunjungi kediaman calon presiden terpilih Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan.

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024