PDIP Cocok Koalisi dengan Gerindra & Hanura

VIVAnews - Upaya PDI Perjuangan menggalang koalisi dengan Partai Gerindra dan Partai Hanura dianggap sudah tepat. Dilihat dari ideologi, ketiga partai memiliki banyak persamaan.

"Ketiganya sama-sama partai nasionalis. Selain itu target massanya juga sama,"  kata Dodi Ambardi dari Lembaga Survei Indonesia kepada VIVAnews, Jumat 10 April 2009.

PDI Perjuangan, kata dia, selama ini mengusung kepentingngan wong cilik. Begitu pula dengan Gerindra yang massanya fokus pada petani dan nelayan. "Begitu pula dengan Hanura, kurang lebih nasionalis. Jadi ketiganya, Megawati, Prabowo dan Wiranto kalau boleh dibilang bukan orang yang asing satu sama lain. Jadi kalau berkoalisi ya cocok, tidak terkesan sesuatu yang dipaksakan," kata dia.

Jika ketiga partai ini bersatu, menurut Dodi, PDI Perjuangan tinggal memilih salah satu dari ketua umum kedua partai itu yang akan menjadi pendampingnya dalam pemilu presiden nanti. Jika salah satu dari keduanya ada yang tidak menjadi cawapres, maka koalisi bisa dilakukan untuk komposisi dalam kabinet.

"Tinggal lihat peluangnya. Dari simulasi di survei kombinasi pasangan Mega dan Prabowo terlihat cukup kompetitif. Meski jaraknya lebar dengan SBY-JK tapi cukup kompetitif," katanya.

Pertemuan Mega, Prabowo dan Wiranto rencananya akan digelar malam ini. Pertemuan dilakukan atas undangan PDI Perjuangan. Wiranto membenarkan akan ada pertemuan tersebut.

Belum jelas apa isi pembahasan dari pertemuan malam nanti. Namun, PDI Perjuangan sendiri sangat serius dengan pertemuan ini. Sebab, partai pimpinan Megawati sedang gencar-gencarnya menjajaki rencana pertemuan dengan beberapa partai.

Sebelumnya, Ketua Badan Pemenangan Pemilu PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo mengatakan, Megawati akan bertemu dengan Wiranto dan Ketua Umum Gerindra, Prabowo, malam ini. Rencananya, pertemuan tiga partai itu akan digelar di kediaman pribadi Megawati di Teuku Umar, Menteng.

Harga Emas Hari Ini 22 April 2024: Produk Global dan Antam Kompak Merosot
Kucing Maine Coon

5 Fakta Penting tentang Penyakit FLUTD pada Kucing

Seringkali diabaikan, tetapi memiliki dampak yang serius pada kesehatan kucing, Feline Lower Urinary Tract Disease (FLUTD) atau penyakit saluran kemih bawah pada kucing.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024