Fanny Yulia, Gadis 25 Tahun Calon Anggota DPR

Fanny Yulia, caleg Nasdem
Sumber :
  • Dokumen pribadi
VIVAnews
Daftar Harga Pangan 19 Maret 2024: Beras hingga Cabai Kompak Naik
- Sebagai partai termuda yang ikut Pemilu ini, Partai Nasdem juga memasang banyak anak muda di daftar calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat. Salah satunya, Fanny Yulia, gadis berusia 25 tahun yang dipasang sebagai calon anggota DPR nomor urut 6 dari daerah pemilihan Sumatera Barat I.

Dukung Hak Palestina, China Jalin Hubungan Erat dengan Hamas

Lajang kelahiran Solok, Sumatera Barat, 25 Juli 1988, ini masih tercatat sebagai mahasiswa S2 di jurusan Ilmu Komunikasi Politik semester 2 Universitas Indonesia sambil aktif sebagai peneliti di Populis Institute, sebuah lembaga kajian kebijakan. Setelah mengenyam S1 ilmu komunikasi di Universitas Sumatera Utara, Fanny sempat sekolah bahasa Mandarin di Jianxi Normal University, Nancang, China, dan juga ikut pertukaran pelajar ke Rusia.
ICW Soroti Kasus Pungli di Rutan KPK: Betapa Bobroknya Lembaga Antirasuah Itu


"Saat SMA hingga masih kuliah di USU, saya tergolong wanita yang
tomboy
, sangat berbeda dengan sekarang yang ke mana-mana pakai
high heels
," kata Fanny menceritakan kesehariannya sekarang, saat berbincang dengan
VIVAnews,
Selasa 18 Februari 2014.


Fanny menceritakan, terjun menjadi caleg Nasdem karena aktif di Liga Mahasiswa Nasdem. Sejak berkuliah di USU, dia sudah jadi anggota
underbouw
Nasdem itu. Kini, "Saya Wakil Sekretaris Jenderal Liga Mahasiswa Nasdem," kata Fanny yang maju jadi caleg dari kampung halamannya itu.


Alasan Fanny maju menjadi caleg di usia yang relatif muda karena memang berkeinginan menjadi seorang pemimpin politik sejak berusia 10 tahun. Kini Fany tinggal di Jakarta, bertekad menjadi figur kader perempuan yang aktif dan sukarela memajukan perpolitikan. Fanny berharap jika terpilih, ia dapat membantu mensejahterakan masyarakat di Sumatera Barat.


Dalam Pemilihan Umum tahun ini, Fany menargetkan 45.000 suara di dari daerah pemilihannya di Sumatera Barat I. Fanny optimistis jumlah suara itu dapat tercapai karena Sumatera Barat sendiri memiliki pemilih yang besar untuk Nasdem dilihat dari record partai tersebut. "Saya dalam pemilihan umum kali ini memfokuskan diri untuk menarik pemilih di usia muda atau pemilih pemula yang banyak terdapat di Sumatera Barat," katanya.


Selain berpolitik, Fanny juga mengisi waktu luangnya seperti gadis-gadis kebanyakan lainnya seperti membaca buku, mendengarkan musik dan menonton film. Untuk buku sendiri, saat ini ia sedang banyak membaca buku seputar perjuangan politik masyarakat Tionghoa karena dia akan mengajukan tesis yang berhubungan dengan perjuangan politik Tionghoa.


Musik favorit Fanny yang beraliran jazz, meski juga dia menyukai band aliran nu metal "Linkin Park" sejak masih duduk di bangku SMA. (umi)


Laporan: Hartini Apriliasari
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya