Survei LSN: Warga Jakarta Pilih Megawati Dibanding Jokowi untuk Capres

Joko Widodo mencium tangan Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews - Sejak menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo kerap digadang-gadang sebagai calon Presiden 2014. Kinerjanya sebagai Gubernur Jakarta dianggap layak dijadikan bukti untuk menunjukkan kemampuannya memimpin Indonesia.

Namun, tidak semua orang berpendapat demikian. Lembaga Survei Nasional (LSN) memberikan bukti baru. Masyarakat Jakarta ternyata tidak merestui rencana PDI-P untuk mencalonkan Jokowi sebagai capres 2014.

Kapabilitasnya sebagai Gubernur DKI Jakarta dianggap belum teruji. Hal ini terkait dengan banjir dan kemacetan di ibu kota yang belum teratasi.

Menurut survei LSN pada masyarakat Jakarta, Megawati Soekarnoputri dianggap lebih layak dicalonkan sebagai Presiden oleh partai berlambang banteng moncong putih itu.

Hasilnya, 33,8 persen warga Jakarta menganggap bahwa Megawati lebih layak dicalonkan sebagai Presiden untuk pemilu 2014. Ini karena 32,5 persen masyarakat Jakarta masih mengharapkan Jokowi membuktikan kinerjanya sebagai Gubernur DKI Jakarta hingga masa jabatannya berakhir pada 2017.

Terdakwa Yosep Subang Diadili Bunuh Istri dan Anak Demi Uang, Korban Dibacok Pakai Golok

"Mayoritas masyarakat DKI mengaku kurang setuju wacana usung Jokowi, 71,2 persen mengaku kurang setuju. Hanya 27,5 persen yang mengaku setuju. Dibandingkan Oktober 2013 merosot tajam. Saat itu, 2013, mereka yang setuju 53,8 persen," kata peneliti LSN, Dipa Pradipta, saat merilis hasil survei di Hotel Atlet Century, Jakarta, Minggu 9 Februari 2014.

Survei ini dilakukan sejak 10-26 Januari 2014. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara tatap muka berpedoman kuesioner terhadap 790 responden yang tersebar di lima kotamadya Jakarta.

Populasi dari survei adalah seluruh penduduk Jakarta yang berusia minimal 17 tahun atau mereka yang belum 17 tahun, namun sudah menikah.

Dipa juga mengatakan, menurut hasil survei yang dikerjakan lembaganya, kepuasan warga Jakarta terhadap kinerja Jokowi di berbagai bidang terus menurun. Awal tahun ini, sebanyak 47,5 persen responden mengaku puas dan 46,9 persen kurang puas. (art)

Sapi Albino Ko Muang Phet.

Kerbau Albino Diundang ke Gedung Pemerintah, Harganya Rp7,8 Miliar

Kerbau albino bertubuh besar ini bernama Ko Muang Phet, terkenal di kalangan peternak Thailand sebagai hewan pejantan. Tingginya 1,8 meter dan berusia empat tahun.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024