RSUD Ini Sediakan Ruang Khusus untuk Caleg Depresi

Ruang Tanjung RSUD Banjar
Sumber :
  • ANTV/Aditya Tri Wahyudi

VIVAnews - Beberapa bulan lagi, para calon legislatif akan mengetahui buah dari kerja keras mereka berkampanye di Pemilihan Umum 2014. Pasti akan ada caleg yang sukses melaju ke kursi DPR atau DPRD. Tapi, akan ada juga caleg yang harus gigit jari tak kebagian kursi wakil rakyat.

Berkaca pada pengalaman pemilu sebelumnya, tak sedikit caleg yang kalah bertarung itu akhirnya malah menderita depresi. Bukan rahasia lagi bahwa seorang caleg harus mengeluarkan uang sangat banyak untuk bertarung di pemilu.

Codeblu Divonis Gegar Otak Ringan Sebelum Tanding dengan Chef Arnold

Melihat fenomena ini, Rumah Sakit Umum Daerah Kota Banjar, Jawa Barat, menyediakan ruangan khusus untuk merawat para caleg yang stres dan terganggu jiwanya itu.

RSUD ini mengalokasikan enam ruangan bagi para caleg stres yang dinamai Ruang Tanjung. Dari enam ruangan itu, dua di antaranya khusus disediakan bagi mereka yang menderita gangguan jiwa akut. Empat lainnya adalah ruangan pemulihan.

"Satu dokter menangani satu hingga dua pasien," kata dokter ahli kejiwaan RSUD Banjar, Rara Diah Gayanti Ningrum, Sabtu 8 Februari 2014.

Selain itu, RSUD Banjar juga sudah menyiapkan enam dokter ahli jiwa dan 12 paramedis yang akan menangani pasien dengan gangguan kejiwaan usai pemilu.

Ruang Tanjung ini sengaja ditempatkan di bagian belakang RSUD agar jauh dari keramaian. Dengan demikian, kata Rara, penanganan pasien bisa lebih intensif.
 
Lebih lanjut Rara mengatakan, ruang khusus bagi caleg stres itu tak hanya melayani mereka yang berasal dari Kota Banjar saja. RSUD mengaku siap melayani caleg-caleg dari luar Banjar, seperti Ciamis, Tasikmalaya, Pangandaran, bahkan hingga Cilacap. (one)

Laporan: Aditya Tri Wahyudi | ANTV Banjar

Petugas jasa penukaran valuta asing memeriksa lembaran mata uang rupiah dan dolar AS di Jakarta

Rupiah Mulai Perkasa Seiring Meredanya Konflik Israel-Iran

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot menguat pada perdagangan Rabu pagi, 24 April 2024. Rupiah menguat sebesar 54 poin atau 0,34 persen ke posisi Rp 16.166.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024