Ali Masykur: Calon Pemimpin Harus Atasi "Tiga Tuna"

Ali Masykur Kunjungi VIVA.co.id
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVAnews
Begal di Depok Nekat Beraksi Siang Bolong demi Beli Sabu
- Anggota Badan Pemeriksa Keuangan, Ali Masykur Musa, tengah merintis jalan sebagai pemimpin baru Indonesia. Dia jadi salah satu peserta Konvensi Demokrat, yang tengah menseleksi calon tunggal presiden dari partai itu untuk Pemilihan Umum 2014.

Indonesia Vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23, Arab Saudi Tersingkir

Ali Masykur mengatakan, untuk menjadi pemimpin, seseorang harus memiliki keinginan membuat Indonesia terus maju tanpa terlibat kasus hukum, seperti halnya zero korupsi.
Mendukung Perkembangan Voli Indonesia melalui Kiprah Megawati dan Fun Volleyball 2024


Tidak hanya itu, menurut Ali Masykur, untuk menghilangkan korupsi, setidaknya ada tiga tuna (cacat) yang harus dihilangkan dari calon pemimpin. Pertama, tuna kepemimpinan.


"Kita butuh yang
full leadership
. Jangan cuma elektabilitas belaka tapi tak teruji leadershipnya," kata Ali Masykur saat ditemui wartawan di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Minggu 19 Januari 2014.


Lebih lanjut Ali Masykur mengatakan, banyak orang yang tidak memiliki pengalaman organisasi dan kepemimpinan, tapi menjadi tokoh. "Kita perlu pemimpin negara yang punya jiwa kepemimpinan dengan experience," ucapnya.


Kedua, tuna visi. Menurut Ali Masykur pemimpin harus melihat ke arah mana bangsa Indonesia, apakah liberalistik atau sosialisme.


"Seseorang pemimpin harus memadukan masa lalu dan masa datang. Visi seorang pemimpin harus jelas," tambahnya.


Sementara yang ketiga yakni tuna komitmen. Ali Masykur menuturkan, pemimpin harus bisa mengetahui cara bagaimana meningkatkan ekspektasinya.


"Karena tidak ada komitmen yang jelas maka kemudian berurusan dengan hukum," jelasnya.


Ali menyampaikan, beberapa waktu lalu sebanyak 311 kepala daerah terjerat hukum. Dimana 85 persen kepala daerah berurusan dengan hukum karena pemeriksaan BPK dan sisanya OTT (Operasi Tangkap Tangan). (ren)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya