Akbar: Parpol Berperan Penting Lahirnya Kader Berkualitas

Aburizal Bakrie dan Akbar Tandjung
Sumber :
  • ANTARA/Widodo S. Jusuf

VIVAnews - Banyaknya pemimpin yang terlibat masalah hukum, Ketua Dewan Pembina Partai Golkar, Akbar Tandjung, mengatakan partai politik memiliki peranan penting dalam hal demokrasi termasuk melahirkan kader yang kontuinitas.

Namun mantan ketua DPR RI periode 1999-2004 mengaku, saat ini masih banyak partai melakukan kesalahan dalam memilih kader saat proses rekruitmen kepemimpinan, khususnya dalam hal pokok pendidikan dan artikulasi politik.

"Yang menonjol partai sekarang, sebagai tempat rekuritmen politik untuk menduduki jabatan-jabatan politik, tapi apakah rekruitmen itu sudah sesuai dengan kualitas yang dibutuhkan," ujar Akbar saat acara diskusi Political Communicatioan Institute (Polcomminstitute) dengan tema di kawasan Cikini, Jakarta, Minggu 19 Januari 2014.

Lebih lanjut, Akbar mengatakan, setidaknya terdapat 300 kepala daerah terjerat, dan itu menjadi kelemahan partai politik untuk menyelesaikan suatu persoalan.

Rusia Telah Menangkap Pemodal Teroris Serangan Moskow, Ternyata Dikirim Melalui Ukraina

Rekrutmen Terbuka

Akbar pun memuji terhadap sejumlah partai politik yang menenutkan rekrumen kadernya secara terbuka, seperti Demokrat dengan konvensi.

"Golkar juga pernah konvensi, Alhamdullilah dilanjutkan. PKS lakukan Pemira. PDIP semoga dalam waktu dekat bisa menentukan capres tentu sesuai mekanisme di partai," jelas Akbar.

Dengan melakukan rekruitmen secara terbuka, Akbar mengharapkan masyarakat akan menilai calon yang cocok dan sesuai kriteria untuk menghadapi persoalan bangsa.

"Masyarakat juga harus pelajari rekam jejak tokoh dan mengetahui kualitas, karakter kepemimpinan dan visinya. Karena Presiden kita pilih langsung, diberitahukan kepada masyarakat agar menentukan pemimpin yang paling tepat di lembaga legislatif dan Presiden," jelasnya. (ren)

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani
Pemain Arsenal, Gabriel Magalhaes merayakan gol

5 Bintang Arsenal Terancam Absen Lawan Man City! Perebutan Puncak Klasemen Makin Panas

Bukayo Saka adalah salah satu pemain Arsenal yang kabarnya akan absen saat melawan Manchester City pekan ini.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024