Pemilihan Legislatif 2009

Demokrat Jakarta Temukan Masalah DPT

VIVAnews – Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat DKI Jakarta menerima sejumlah laporan tentang konstituen yang tidak terdaftar di Daftar Pemilih Tetap pemilihan legislatif 2009, padahal mereka terdaftar di pemilu 2004 dan Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta.

“Ini kelihatannya ada yang tidak begitu pas. Ada warga yang lama tinggal di Jakarta dan dulu bisa ikut memilih, kok sekarang tidak. Ini membingungkan,” kata Ferrial Sofjan, Ketua Dewan Pimpinan Daerah DKI Jakarta, Selasa 7 April 2009.

Masalah itu diketahui setelah Kelompok Panitia Pemungutan Suara tingkat kelurahan mengumumkan Daftar Pemilih Tetap. Pengumuman dilakukan 1-7 April 2009. Selama itu, Komisi Pemilihan Umum juga minta masyarakat ikut memonitor dan segera melapor ke Komisi Pemilihan Umum Daerah bila menemukan masalah dalam daftar.

Partai Demokrat DKI Jakarta masih menunggu laporan konkrit dari enam Dewan Pimpinan Cabang. Enam cabang partai itu diminta mengumpulkan data dari sekitar 2.700 Rukun Warga yang tersebar di Ibukota Jakarta. Itu sebabnya, sekarang ini, Ferrial belum dapat menyebutkan jumlah temuan kasus daftar pemilih.

7 Tips Menghadapi Ujian Nasional: Persiapan yang Efektif untuk Sukses

Selanjutnya, temuan-temuan kasus itu akan dilaporkan ke Komisi Pemilihan Umum Daerah, sesuai dengan imbauan Komisi Pemilihan Umum.

Kata dia, bila jumlah penduduk yang tahun ini tidak masuk daftar pemilih mencapai angka yang banyak, maka hal itu dapat menimbulkan permasalahan di pemilihan legislafit yang akan dilaksanakan dua hari lagi, 9 April.

Dugaan Korupsi Rp 8 Miliar, Kejari Medan Tahan Eks Dirut RSUP Adam Malik
Sekjen PBB Antonio Guterres berbicara pada Sidang Majelis Umum PBB di New York.

5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

Keistimewaan berupa hak veto yang dimiliki oleh lima negara anggota tetap Dewan Keamanan PBB ini memiliki dampak besar dalam keputusan penting di tingkat internasional.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024