3 Juta Pemilih Masih Bermasalah

DPT ganda di Kediri, Jawa Timur.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rudi Mulya
VIVAnews
Respons Nagita Slavina Saat Tyas Mirasih Ingin Jual Tas demi Biaya Pengobatan
- Komisi Pemilihan Umum akan mengumumkan daftar pemilih tetap (DPT) hasil perbaikan besok, Rabu 4 Desember 2013. Meski demikian, KPU mencatat masih ada data pemilih yang bermasalah.

Kubu Anies dan Ganjar Ingin Hadirkan Menteri jadi Saksi di MK, Airlangga Hartarto Beri Jawaban

"Ada 3,3 juta pemilih yang belum punya NIK (Nomor Induk Kependudukan)," kata anggota KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah di Gedung KPU, Jakarta, Selasa 2 Desember 2013.
Berduka Atas Meninggalnya Ayah Nassar, Inul Daratista Beri Doa Terbaik


Ferry menjelaskan dari total DPT sebanyak 186.612.255, jika dipersentasekan angka tersebut menjadi sekitar 1,7 persen. Ia akan mencari pemecahannya dengan menggelar rapat bersama Bawaslu, dan Dirjen Administrasi dan Kependudukan Kementerian Dalam Negeri hari ini.


"Ini rapat koordinasi dan sinkronisasi untuk pembahsan sisa problem DPT," katanya.


Mantan Ketua KPU Provinsi Jawa Barat itu mengatakan secara konstitusional, mereka yang tidak memiliki NIK memenuhi syarat. Sebab, secara faktual mereka ada, bukan fiktif.  "Besok perbaikan berita acara. DPT penyempurnaan," tuturnya.


Ketua Bawaslu Muhammad berharap persoalan DPT dapat diselesaikan besok. Namun demikian, ia mengakui tidak akan bersih seluruhnya. "Tidak mungkin tuntas 100 persen, karena tentu ada kekurangan-kekurangan, misalnya pemilih yang meninggal dunia," terangnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya