Indra Piliang: Elektabilitas Jokowi Tidak Aman, Apa Sebabnya?

Jokowi, Megawati dan Puan Maharani
Sumber :
  • Antara/ Rosa Panggabean

VIVAnews - Meski sudah mendeklarasikan sebagai calon presiden (Capres) 2014. Tetapi hingga kini Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie belum memiliki calon wakil presiden (cawapres).

Sidang Sengketa Pilpres, MK Pertimbangkan Hadirkan Mensos hingga Menkeu

Ketua Balitbang Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar, Indra J Piliang menuturkan, saat ini elektabilitas Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo memang sedang naik dalam berbagai survei. Namun partai berlambang pohon beringin itu belum berniat menempatkan Jokowi sebagai pendamping Aburizal Bakrie.

"Jokowi kan pemain baru, dia baru masuk lapangan, belum masuk dalam daftar kami. Saya kira Jokowi ini fenomena politik, tapi belum menjadi elit politik. Jokowi masih calon alternatif," kata Indra di Kantor Indikator Politik Indonesia, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu, 1 Desember 2013.

Indra menuturkan, elektabilitas Jokowi itu cenderung tidak aman, karena akan terpengaruh oleh kinerjanya sebagai Gubernur DKI Jakarta. Namun jika kinerjanya bagus selama menjabat gubernur, maka elektabilitasnya bisa bertahan.

"Kalau kinerja tidak bagus jangan salahkan partai politik. Kemudian masyarakat yang tiba-tiba berubah pandangan," ucap dia

Indra menambahkan, karakter masyarakat Indonesia ini adalah masyarakat yang cepat berubah dan mudah melupakan. Apabila ada sesuatu yang tidak diharapkan muncul dari Jokowi dan partainya, maka masyarakat Indonesia akan cepat lupa dengan Jokowi.

"Kalau dilihat dari karakter masyarakat Indonesia yang cenderung untuk cepat melupakan dan cepat berubah, maka berat menggandeng Jokowi. Kita lihat saja kinerja partainya (PDIP)," kata Indra.

Muslimah saat makeup

Jangan Asal Pilih, 5 Tips Ini Harus Diperhatikan Muslimah Saat Memilih Kosmetik Halal

Menyambut Hari Raya Idul Fitri banyak Muslimah ingin tampil cantik dan menawan. Namun, memilih kosmetik halal di tengah banyaknya produk di pasaran bisa menjadi tantangan

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024