Sumber Dana Kampanye Gerindra: Iuran Caleg Rp25 Juta-Rp300 Juta

Nomor Urut Parpol Peserta Pemilu
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Partai Gerindra sudah menyiapkan diri menjelang Pemilihan Umum 2014, termasuk soal dana kampanye. Ditemui di Gedung DPR, Jumat, 29 November 2013 Ketua Umum Partai Gerindra, Suhardi blak-blakan soal sumber dana kampanye partainya.

Lalu Lintas Bundaran HI Padat di Malam Takbiran, Banyak Pemotor Tak Pakai Helm

Menurutnya, sumber dana terbesar adalah iuran anggota. Suhardi mengakui, calon legislatif (caleg) di partainya diwajibkan iuran dengan jumlah yang berbeda-beda. “Setiap caleg kita wawancarai, setiap calon harus berkorban,” katanya.

Pembedaan nominal iuran itu, lanjut Suhardi, tergantung tingkatan. Untuk caleg DPR diwajibkan iuran Rp300 juta, DPRD tingkat I diwajibkan iuran Rp 100 juta, dan DPRD tingkat II diwajibkan membayar Rp25 juta.

Posko Mudik Perempuan Bisa Cek Kehamilan, Tekanan Darah Hingga Sedia Kondom! Catat Titiknya

“Kemarin kita sempat wacanakan itu, sudah diputuskan, tinggal diimplementasikan,” ujarnya lagi.

Suhardi menyebutkan, partainya berharap tak hanya para caleg saja yang berkorban membayar dana kampanye, tetapi juga masyarakat. Ini dilakukan agar menghasilkan pemimpin yang bersih di masa yang akan datang. Sebab menurutnya, jika semua pendanaan dibebankan ke caleg, akan menghasilkan pemimpin yang korup.

Cerita Pilu Istri dari YouTuber Palestina, Lebaran Malah Jadi Tahanan Kota

Untuk itu, Partai Gerindra berencana melakukan pendidikan politik untuk masyarakat. Dengan begitu, rakyat juga berperan aktif dalam proses kampanye.

“Kader kita latih, setelah itu masyarakat juga akan kita imbau. Pasti masyarakat tidak eman (pelit, sayang) untuk membantu (dana) para caleg demi menghasilkan pemimpin yang bersih. Bukan justru pemimpin yang membayar rakyat,” ucap Suhardi menjelaskan. (umi)

Ilustrasi warga Muslim Amerika sholat di depan Gedung Putih

Umat Islam di Amerika Serikat Bakal Rayakan Idul Fitri Rabu 10 April 2024

Umat Islam di Amerika Serikat (AS) juga telah menetapkan Hari raya Idul Fitri tanggal 1 syawal 1445 H jatuh pada hari rabu besok 10 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024