Demokrat Terancam Jadi Partai Penonton di Pilpres 2014

11 capres demokrat
Sumber :
  • ANTARA/Rosa Panggabean
VIVAnews
Usai Sepi Peminat, Pemerintah Kasih Gratis Konversi Motor Listrik
- Lingkaran Survei Indonesia (LSI), Minggu 24 November 2013, merilis konvensi calon Presiden partai Demokrat, terancam menjadi sebuah tragedi.

Biaya Ultah Cucu SYL Minta Di-reimburse Kementan, Pegawai Menolak Terancam Dimutasi

Sebab, pemenang konvensi nantinya tidak cukup dukungan untuk maju sebagai capres pada pemilu 2014 mendatang.
Jaksa Sebut SYL Bayar Tagihan Kartu Kredit Ratusan Juta Pakai Uang Hasil Korupsi di Kementan


"Konvensi Demokrat terancam tragedi. Karena hasil survei popularitas tokoh konvensi Demokrat berada di bawah 60 persen, sedangkan pesaing capres dari partai lain memiliki popularitas di atas 70 persen," kata Rully Akbar, peneliti LSI dalam konfrensi Pers bertajuk "Terancamnya Konvensi Demokrat; Dari Hero ke Zero-kah Nasib Demokrat" di Jakarta.


Rully menuturkan, survei ini dilakukan 12 September 2013 hingga 5 Oktober 2013. Survei dilakukan dengan metode
multistage random sampling
, jumlah responden 1.200 dan
margin error
2,9 persen.


Menurut Rully, selain rendahnya popularitas para tokoh capres konvensi Demokrat, elektabilitas partai yang didirikan Presiden Susilo Bambang Yudoyono juga terus merosot.


Partai pemenang Pemilu 2009, kini juga terancam jadi partai papan tengah. "Kini elektabilitas Demokrat di bawah 10 persen," ujarnya.


Rully memaparkan berdasarkan hasil survei yang sudah dilakukan LSI sebelumnya, Januari 2011 Demokrat meraih elektabilitas 20,5 persen. Pada Oktober 2011 turun menjadi 16,5 persen dan Oktober 2012 menjadi 14,0 persen. Sedangkan Maret 2013 menjadi 11,7 persen serta Oktober 2013 hanya 9,8 persen.


Menurut Rully, pemenang konvensi bahkan terancam tidak dilirik menjadi cawapres. Sebab, peserta konvensi pamornya masih kalah dengan capres partai lain.


Hasil survei LSI menunjukan, tokoh yang tingkat pengenalannya di atas 70 persen adalah Megawati Soekarnoputri (Ketua Umum PDIP), Aburizal Bakrie (Ketua Umum Golkar), Prabowo Subianto (Dewan Pembina Gerindra), Joko Widodo (Gubenur DKI Jakarta), Wiranto (Ketua Umum Hanura) dan Hatta Rajasa (Ketua Umum PAN).


Sedangkan tingkat pengenalan perserta konvensi capres Demokrat di bawah 60 persen. Di antaranya adalah Dahlan Iskan, Marzuki Alie, Pramono Edhie Wibowo, Gita Wirjawan, Hayono Isman, Anies Baswedan, Dino Patti Djalal, Irman Gusman, Sarundajang, Ali Masykur Musa dan Endriartono Sutarto.


"Figur SBY belum tergantikan figur baru lewat konvensi ini," kata Rully. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya