ARB Ziarah ke Makam Tjipto Mangoenkoesoemo

ARB Ziarah ke Makam Tjipto Mangoenkoesoemo
Sumber :
  • VIVAnews/Dian Widiyanarko
VIVAnews -
Selamat! Laura Theux dan Indra Brotolaras Dikaruniai Anak Pertama
Ketua Umum DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie berziarah ke makam pahlawan nasional Dokter Tjipto Mangoenkoesoemo di Ambarawa. Ziarah ke makam pejuang yang namanya diabadikan sebagai nama rumah sakit di Jakarta ini dilakukan saat ARB dan rombongan safarinya melewati Ambarawa menuju Salatiga.

MTsN 1 Pati Kirim Tiga Siswa ke Thailand untuk Olimpiade Matematika Internasional

Di kompleks makam Dokter Tjipto, ARB yang didampingi Istrinya Tatty Bakrie dan menantunya Ramadhania Bakrie atau Nia Ramadhani, memanjatkan doa bersama. Setelah itu dia menaruh bunga sedap malam, bunga kesukaan Dokter Tjipto, di pusaranya.
Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan


Menurut ARB, ziarah ke makam Dokter Tjipto penting untuk mengenang jasa yang bersangkutan pada negara. "Jasa beliau untuk kemerdekaan sangat besar. Beliau termasuk tokoh yang mencetuskan ide untuk mendirikan negara merdeka dari penjajah Belanda," kata ARB di sela-sela berziarah di Komplek Makam Keluarga Dokter Tjipto Mangoenkoesoemo, di Ambarawa, Semarang.


ARB mengatakan Dokter Tjipto juga mencontohkan sikap nasionalisme yang tinggi semasa hidupnya. Dia rela mengesampingkan kepentingan pribadi demi kepentingan bangsanya.


"Waktu diberi penghargaan Belanda dia menolaknya, padahal itu penghargaan yang bergengsi dan diidamkan orang. Tapi dia lebih suka kalau Indonesia merdeka. Karena sikap kritisnya dia sampai dibuang oleh Belanda," tuturnya.


Karena itu, ARB berharap semua warga negara Indonesia, lebih khusus lagi anak muda, meneladani sikap nasionalisme Dokter Tjipto. Nasionalisme harus tetap dipegang tentu dengan konteks zaman sekarang yang berbeda.


"Beliau menunjukkan nasionalisme yang kuat, ini harus kita teladani bersama," ujarnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya