Beri Kuliah Umum, ARB Gandeng Pengusaha Muda Sukses

ARB memberi kuliah umum di Untag Semarang.
Sumber :
  • VIVAnes/ Dian Widiyanarko
VIVAnews
Caleg Demokrat Fathi Lolos ke Senayan Bareng Melly Goeslaw dari Dapil Jabar I
- Tokoh nasional Aburizal Bakrie atau biasa disapa ARB mengajak anak muda untuk berani menjadi pengusaha. Jika biasanya dalam kuliah umum kewirausahaannya ARB hanya berbagi pengalaman, kali ini dia membawa contoh pengusaha muda sukses.

Daftar Harga Motor Vespa per Maret 2024

Dua pengusaha muda sukses ini dibawa ARB dalam kuliah umumnya di Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Semarang. "Mereka seusia kalian, bisa sukses, maka kalian juga bisa," kata ARB di hadapan mahasiswa Untag, di Kampus Untag, Semarang, Rabu, 13 November 2013.
Thailand Prime Minister Welcomes Albino Buffalo to Government House


Pengusaha muda yang dibawa ARB adalah Didik Subi dan Akbar Bakhtiar. Didik adalah pemilik bisnis batik, usaha online, motivator usaha, dan sebagainya. Sedangkan Akbar adalah pengusaha foto dan video pernikahan, sewa alat-alat digital, sekolah musik, peternakan, dan sebagainya.


ARB menjelaskan,  selama ini dirinya hanya memberikan teori dan pengalaman membangun usaha. Dengan membawa contoh sukses dan dengan usia yang tak jauh beda, akan semakin mudah meyakinkan mahasiswa dan anak muda bahwa mereka juga bisa sukses.


"Akbar dan Didik ini juga sama dengan saya memulai bukan dengan modal uang, tapi modal ide. Mereka muda, bukan dari keluarga kaya, tapi nyatanya bisa sukses," ujar ARB.


Karena itu kata ARB, tidak ada alasan bagi anak muda untuk takut berwirausaha. Namun dia berpesan agar jika sudah terjun jadi pengusaha, mereka harus berani dan tidak takut gagal.


Dalam kesempatan itu, Didik dan Akbar bergantian memberikan motivasi berwirausaha setelah kuliah umum ARB. Didik misalnya mengatakan ada sekitar 73 jalan sukses dengan bisnis online yang beromset miliaran.


"Kira-kira dengan uang segitu cukup tidak buat hidup? Cukup tidak buat bikin nangis mantan?" canda Didik yang disambut tawa mahasiswa.


Sedangkan Akbar mengatakan, apa yang disampaikan ARB dapat dijadikan contoh untuk dipraktikan. Dia mengatakan anak muda jangan takut jadi pengusaha.


"Tidak usah takut memulai usaha karena semua bisa memulai usaha, asal punya ide," katanya.


Laporan: Dian Widiyanarko/ Semarang


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya