Gita Wirjawan Bantah Jadikan Barindo Mesin Politik

Gita Wirjawan dan pebulu tangkis Taufik Hidayat.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

VIVAnews – Menteri Perdagangan Gita Wirjawan membantah menggunakan ormas Barisan Indonesia (Barindo) sebagai kendaraan dan mesin politik menuju Pemilu 2014. Peserta konvensi calon presiden Partai Demokrat itu menyatakan Barindo memusatkan perhatian untuk kegiatan sosial seperti pendidikan dan kesehatan.

“Barindo ini murni ormas. Tidak ada kaitannya dengan hal lain di luar itu,” kata Gita Wirjawan yang Minggu kemarin, 10 November 2013, melantik jajaran pengurus Barindo periode 2013-2018 di Jakarta.

Meskipun Gita membantah, namun situs barisanindonesia.org terang-terangan menunjukkan dukungan kepada Gita Wirjawan sebagai capres 2014. Ketika pertama kali membuka laman ormas tersebut, pembaca langsung disuguhi pertanyaan “Mendukung Gita Wirjawan ke Pilpres 2014? Berikan suara Anda di Sidebar Kanan.”

Gita menyatakan, Barindo berkomitmen menjadi jembatan kebangsaan. Menurutnya, Barindo dibentuk sebagai reaktualisasi dari nilai-nilai kepahlawanan puluhan tahun lalu. “Latar belakang sosial, bahkan afiliasi politik yang beragam di tubuh Barindo, merupakan modal yang luar biasa,” kata dia.

Gita mengatakan, ke depannya bangsa Indonesia akan terus diuji oleh tantangan-tantangan yang tidak kalah pelik, bahkan lebih berbahaya dibanding ancaman-ancaman pada masa lampau.

Pengadilan Tinggi Dominika Batalkan Larangan Hubungan Sesama Jenis

Gita mengutip pernyataan mantan orang nomor satu di Indonesia, Soekarno. “Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri,” ujarnya.

Melalui wadah ormas, kata Gita, Barindo ingin menjahit kembali komitmen ke-Indonesiaan yang mulai rapuh karena kebangkitan gejala sektarianisme.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Media Korea Selatan Soroti Sepak Terjang Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-23

 Pertemuan antara Timnas Indonesia U-23 dengan Timnas Korea Selatan U-23 di perempat final Piala Asia U 23 menjadi sorotan.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024