Anas: Ibas Pas Jadi Juru Bicara Demokrat

Edhie Baskoro Yudhoyono dan Anas Urbaningrum
Sumber :
  • ANTARA/Sahrul Manda Tikupadang
VIVAnews - Mantan Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum, mendorong Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) untuk menjadi juru bicara partai. Menurutnya kurang menguntungkan kalau Ketua Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono "menyimpan" Ibas. 
Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

"Mas Ibas itu orangnya tenang, cool, dan ganteng. Menurut saya, dia memenuhi kualifikasi, apalagi posisinya sebagai sekjen," kata Anas di Jakarta, Ahad 10 November 2013.
Kasus Uang Tutup Mulut Donald Trump Seret Nama Karen McDougal, Siapa Dia?

Lagipula, Anas menilai bahwa Partai Demokrat kekurangan stok tokoh-tokoh yang bisa menyampaikan gagasan politik Demokrat. Partai berlambang bintang mercy ini perlu mencari tokoh lain. Sebab, mereka tidak bisa menjadikan SBY sebagai juru bicara partai.
Kemungkinan yang Bakal Terjadi Kalau Indonesia tak Dijajah

"Pak SBY tidak bisa menjubiri (menjadi juru bicara) partainya sendiri," kata dia.

Anas menilai, saat ini adalah waktu yang pas untuk lebih banyak menampilkan Ibas. "Mas Ibas itu kan anak biologis, ideologis, dan intelektual SBY. Dia butuh kesempatan tampil. Itu lebih bagus kalau sekjen semakin sering ditampilkan."

Sementara itu, Pakar Komunikasi Politik Gun Gun Heryanto menilai bahwa Ibas belum siap menjadi juru bicara. "Ibas belum memiliki rasa confident (percaya diri) untuk menjadi wajah Partai Demokrat. Apalagi tahun ini, Ibas belum siap," katanya.

Gun Gun mengatakan bahwa dirinya kurang yakin bahwa anak kedua SBY ini bisa menjadi seperti yang dikatakan Anas. Menurut dia, selama "tampil," pernyataan-pernyataan yang dilontarkan Ibas mengenai partainya sebatas normatif.

"Kalau kita lihat, pernyataan Ibas sangat minim terhadap advokasi partainya, termasuk terhadap SBY. Dia hanya mengekor dan normatif tentang apa yang disampaikan elite lain. Coba perhatikan, apakah Ibas pernah menjadi trendsetter isu?" kata dia.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya