Akbar Tanjung Kritisi Praktik Politik Hubungan Darah

Akbar Tandjung
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin
VIVAnews - Mantan Ketua Umum Partai Golkar, Akbar Tanjung, mengkritik praktik politik yang mendasarkan pada hubungan darah dan kekeluargaan. Menurut Akbar, tidak elok jika seseorang memimpin suatu partai, tetapi di saat bersamaan putranya juga menduduki jabatan elite.
Mendagri: Dewan Kawasan Aglomerasi Bukan Ambil Alih Kewenangan Pemerintahan Daerah

"Nggak tepatlah, bapaknya ketua partai masa anaknya politisi di partai," kata Akbar dalam diskusi tentang budaya politik di kediaman Anas Urbaningrum di Duren Sawit, Jakarta, Jumat malam, 8 November 2013.
Putra Mahkota Abu Dhabi Telepon Gibran Ucapkan Selamat Jadi Pemenang Pilpres 2024

Pandangan Akbar ini seolah menyentil gaya politik Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Partai Demokrat. Selain pendiri, SBY adalah Ketua Umum Partai Demokrat. Dan di saat bersamaan, putranya, Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas, merupakan sekretaris jenderal (sekjen).
Prediksi Premier League: Brentford vs Manchester United

Akbar berpendapat seseorang masuk di dunia poilitik seharusnya karena merasa terpanggil dan mempunyai perhatian untuk memperbaiki nasib rakyat. Bukan karena paksaan orangtua. Oleh karena itu, ia tidak mau secara sengaja mendorong anaknya terjun di dunia poiltik.

"Harus sesuai dengan keinginan. Biar mereka menentukan sendiri apakah mau masuk politik atau tidak. Saya tidak ingin mendorong," ujar Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar ini.

Dalam perkembangan demokrasi di era reformasi ini, Akbar justru melihat  fenomena orangtua memaksa anak terjun ke politik semakin meningkat. Salah satu contoh adalah anak-anak menjadi peserta pemilu dan caleg di partai yang orangtuanya aktif di partai tersebut.

"Berkaitan dengan Golkar tentu saya akan buka jalan (untuk anak). Tapi, saya tidak akan mempengaruhi partai untuk menempatkan anak saya (di posisi strategis). Menurut saya anak saya harus tetap mengikuti aturan," tuturnya. (one)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya