Skema Demokrat Tak Lolos Ambang Batas, Ini Tanggapan Marzuki Alie

Marzuki Alie di Kongres Partai Demokrat
Sumber :
  • ANTARA/Wisanggeni
VIVAnews - Wakil Majelis Tinggi Partai Demokrat, Marzuki Alie menanggapi kemungkinan partainya tak lolos ambang batas parlemen, atau memperoleh 20 persen suara guna mengajukan calon presiden secara mandiri.
Kerbau Albino Diundang ke Gedung Pemerintah, Harganya Rp7,8 Miliar

Saat ditemui usai penutupan Temu Kader Demokrat di SICC, Bogor Jawa Barat, semalam, ia mengatakan optimistis partai yang didirikan Susilo Bambang Yudohoyo itu bisa lolos ambang batas.
Terdakwa Yosep Subang Diadili Bunuh Istri dan Anak Demi Uang, Korban Dibacok Pakai Golok

"Misalnya kami dapat 15 persen, terus apa susahnya nambah 5 persen lagi?" ujar Marzuki.
Bank Muamalat Cetak Laba Rp 14,1 Miliar pada 2023, Aset Tumbuh 9 Persen

Jika di bawah ambang batas, konsekuensinya Partai Demokrat harus berkoalisi dengan partai lain, dan tentu dapat memengaruhi calon yang diusung partai yang kini berusia 12 tahun itu.

Terkait opsi koalisi, Marzuki minta jangan terlalu dini karena harus dilihat hasil pemilihan legislatifnya. "Kita lihatlah, konstelasi politik 2014 nanti bagaimana," ujar Marzuki.

Meski kelak ada skema Partai Demokrat harus berkoalisi pun, Marzuki memeneri isyarat bahwa partainya tetap akan menggolkan calon jebolan konvensi Partai Demokrat.

"Jelasnya, yang berjuang di konvensi partai ini merupakan figur yang punya nilai lebih daripada calon  yang tak dikenal dari konvensi. Kami tetap utamakan calon pemenang konvensi," ujar Marzuki.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya