Pol-Tracking: Kinerja Menteri Agama dan Menko Ekonomi Paling Baik

Penetapan Idul Fitri 1434 H
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews – Survei Pol-Tracking Institute yang dirilis Minggu, 20 Oktober 2013, menyatakan ada tiga menteri yang kinerjanya dinilai responden relatif lebih baik ketimbang menteri-menteri lainnya.

“Mereka adalah (Menteri Agama) Suryadharma Ali, (Menteri Koordinator Perekonomian) Hatta Rajasa, dan (Menteri Pemuda dan Olahraga) Roy Suryo,” kata Manajer Pol-Tracking Institute, Arya Budi, dalam konferensi pers ‘Evaluasi 4 Tahun SBY Boediono’ di Hotel Morrissey, Jakarta Pusat.

Suryadharma Ali mendapat persentase kepuasan dari responden sebesar 30,86 persen, Hatta Rajasa 23,01 persen, dan Roy Suryo 21,63 persen. Sementara tiga menteri yang menduduki peringkat terbawah adalah Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal Helmy Faishal Zaini sebesar 9,98 persen, Menteri Kelautan dan Perikanan Syarif Cicip Sutardjo sebesar 11,36 persen, dan Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz sebesar 11,9 persen.

Waktu pelaksanaan survei yang dilakukan pada 13-23 September 2013 kemungkinan menjadi salah satu alasan di balik tingginya kepuasan responden terhadap Menteri Agama. “Bulan September-Oktober identik dengan bulan haji sehingga mampu mendongkrak Suryadharma Ali,” kata Arya.

Apabila kategorinya adalah menteri yang menjadi ketua umum partai politik, maka urutan tingkat kepuasan responden terhadap kinerja menteri adalah Menteri Agama Suryadharma Ali (Ketua Umum PPP) sebesar 30,86 persen, Menko Perekonomian Hatta Rajasa (Ketua Umum PAN) sebesar 23,01 persen, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar (Ketua Umum PKB) sebesar 15,85 persen, dan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Syarif Hasan (Ketua Umum Demokrat) sebesar 14,91 persen.

Sementara jika kategorinya adalah menteri yang menjadi calon anggota lembaga legislatif (caleg) dalam Pemilu Legislatif 2014, maka rata-rata tingkat kepuasan responden terhadap mereka berada di bawah 25 persen, dengan urutannya sebagai berikut:

1. Menteri Pemuda dan Olah Raga Roy Suryo 21,63 persen (Demokrat)
2. Menteri Komunikasi dan Informasi Tifatul Sembiring 19,55 persen (PKS)
3. Menteri Pertanian Suswono 17,33 persen (PKS)
4. Menteri Perhubungan E.E. Mangindaan 17,14 persen (Demokrat)
5. Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar 15,85 persen (PKB)
6. Menteri Koperasi dan UKM Syarif Hasan 14,91 persen (Demokrat)
7. Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan 13,63 persen (PAN)
8. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik 13,38 persen (Demokrat)
9. Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin 13,04 persen (Demokrat)
10. Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal Helmy Faishal Zaini 9,98 persen (PKB)

Survei Pol-Tracking Institute ini digelar terhadap 2.010 responden yang tersebar di 33 provinsi di seluruh Indonesia. Penarikan sampel survei menggunakan multistage random sampling, dan pengambilan data melalui wawancara tatap muka dengan kuesioner.

Pelaku Ditangkap, Begini Modus Sopir Taksi Online Todong Penumpang Rp 100 Juta

Survei ini memiliki margin of error 2,19 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (ren)

Penyelundupan Pil Koplo di Lapas Yogyakarta (dok istimewa)

Pengunjung Coba Kelabui Petugas Lapas Yogyakarta Simpan Pil Koplo di Betis, Malah Ketahuan

Petugas Lapas Kelas IIA Yogyakarta menggagalkan dua kali penyelundupan pil koplo dari pengunjung kepada warga binaan, salah satunya bermodus menyembunyikan pil di betis.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024