Politisi Golkar: Tidak Tepat Keluarga Atut Disebut Dinasti Politik

Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah (paling kanan).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman
VIVAnews
Cha Eun Woo Nyanyikan Lagu-Lagu Album Entity Saat Fan Concert di Jakarta
– Ketua Badan Penelitian dan Pengembangan Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar, Indra J Piliang, Minggu 13 Oktober 2013, mengatakan tidak tepat keluarga Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah disebut mendirikan politik dinasti di provinsi itu.

Anak di Bawah Umur Diduga Dicabuli Saudara di Cengkareng, Begini Modusnya

Indra mengatakan, Banten adalah wilayah persaingan tiga partai politik besar, yakni Golkar, Demokrat, dan PDIP. Bagi Golkar, Banten merupakan basis terkuat partai itu di Pulau Jawa. Sementara di provinsi lain di Pulau Jawa seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DKI Jakarta, Golkar terhitung masih lebih lemah.
Eko Patrio Bersyukur, Gelar Halal Bihalal Dihadiri Sederet Artis dan Komedian Senior


“Banten ini satu-satunya lumbung suara Golkar. Basis Golkar yang paling kuat di Jawa. Dalam konteks ini, tidak tepat Atut disebut dinasti,” kata Indra.


Jika dinasti politik diartikan sebagai seorang tokoh yang memiliki kerabat yang juga menduduki jabatan penting di pemerintahan, maka menurut Indra, banyak elite partai politik lain yang juga melakukan hal serupa, misalnya Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).


Indra mengatakan, putri Megawati – Puan Maharani, adalah Ketua DPP PDIP sekaligus Ketua Fraksi PDIP di DPR. Sementara Ahok yang mantan Bupati Belitung Timur, kini adiknya Basuri Tjahaja Purnama (Yuyu) juga menjadi Bupati Belitung Timur.


Ratu Atut sendiri punya belasan kerabat yang menduduki posisi penting di tingkat Provinsi Banten maupun pusat. Adik Atut, Tatu Chasanah, menjabat Wakil Bupati Serang. Adik Atut lainnya, Tubagus Haeral Jaman, menjabat Wali Kota Serang. Menantu Atut, Ade Rossi Khairunnisa, menjabat Wakil Ketua DPRD Kota Serang.


Ibu tiri Atut, Heryani, menjabat Wakil Bupati Pandeglang. Adik ipar Atut, Airin Rachmi Diany, menjabat Wali Kota Tangerang Selatan. Suami Atut, Hikmat Tomet, menjabat anggota Komisi V Bidang Perhubungan DPR. Anak lelaki Atut, Andika Hazrumy, menjabat anggota DPD dari Banten. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya