Didatangi DPR, Sutarman Jamin Netralitas Polri di Pemilu 2014

Kabareskrim Irjen Pol Sutarman
Sumber :
  • ANTARA
VIVAnews - Calon Kapolri Komisaris Jenderal Sutarman berjanji akan menindak anak buahnya bila tidak netral saat pemilihan umum 2014 berlangsung. Baginya, Pemilu 2014 bakal menjadi tugas berat pertamanya setelah terpilih sebagai Kapolri.
Pemain Bintang Jakarta Pertamina Enduro Tampil di Laga Persahabatan Lawan Red Sparks

"Jika terpilih menjadi Kapolri, saya akan menjamin independensi polisi pada Pemilu 2014. Saya akan tindak anggota yang melanggar sesuai aturan hukum," kata Kabareskrim itu di kediamannya, Tangerang Selatan, Banten, Rabu 9 Oktober 2013.
Unas Bentuk Tim Pencari Fakta Usut Dugaan Plagiat Prof Kumba Digdowiseiso

Dia menganggap ketidaknetralan anggota polisi dalam pemilu merupakan pelanggaran berat. "Kita akan mulai penelusuran dari masalah etik hingga pasal pidana. Pelanggaran ini sangat mendasar dalam demokrasi," katanya.
Semua Pihak Diminta Tunjukan Kedewasaan Politik dan Menerima dengan Lapang Dada Hasil Pemilu

Bagaimana menindaknya? Sutarman menjelaskan, kepolisian telah memiliki standar prosedur penindakan pelanggaran tersebut. Dari penyidikan masalah etik yang berjenjang ini nantinya ditentukan sanksi apa yang akan dijatuhkan. 

"Proses ini yang menentukan seberat apa sanksi hukum apa yang akan dijatuhkan pada anggota," paparnya.

Jendral bintang tiga ini berjanji akan mengamankan Pemilu 2014 dengan optimal. Dia akan mengoptimalkan semua jajarannya. Namun demikian, kekuatan Polri saat ini dianggapnya tidak bisa melakukan pengawasan dan mengantisipasi ancaman dalam Pemilu 2014 mendatang secara sendiri.

Untuk itu, kepolisian harus bekerja sama dengan lembaga lain untuk mengawasinya. "Kita akan kordinasi dengan TNI, Pemda hingga Linmas. Kita tak mungkin kerja sendiri," katanya. (eh)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya