Ruhut Sitompul Menangis

Ruhut Sitompul di Silatnas dan HUT ke 11 Partai Demokrat
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews
Berpengalaman di DPR, Sumail Abdullah Dinilai Berpotensi Maju Pilkada Banyuwangi
- Ruhut Sitompul akhirnya memilih mengundurkan diri sebagai calon Ketua Komisi III DPR. Keputusan yang diambil Ruhut ini, agar tidak

Sektor Manufaktur RI Jauh dari Deindustrialisasi, Ekonom Beberkan Buktinya
lagi menjadi polemik di komisi itu.
Mak Vera Tepati Janji, Datang ke Makam Olga Syahputra Tengah Malam

"Jadi, terimakasih semuanya, saya secara ksatria, saya tidak mau ada polemik di komisi ini, dan janji saya ingin menegakkan hukum, tetap saya jalankan. Izinkan, saya mengundurkan diri sebagai ketua. Dan saya tetap menjadi anggota komisi III," kata Ruhut sambil sesekali kalimat itu terhenti dan menyeka air matanya.


Meski terus-terusan diserang masalah pribadi oleh anggota Komisi lainnya, tetapi Ruhut memilih untuk tidak mau membalas dengan mengungkap kasus mereka. "Lima kawan ini saya tidak akan mengungkap aibnya, padahal saya lengkap data-data. Kalau saya ungkap, saya tidak konsisten pada agama saya," ujar Ruhut.


Ruhut mengatakan, dia lebih memilih untuk mengundurkan diri, dibanding harus melakukan voting untuk jabatan ketua komisi ini. Sebab, menurunya, mekanisme voting ini justru melecehkan Partai Demokrat. "Ini hak kami, kami tidak kepingin voting, kalau Bapak-bapak ingin voting, kami tidak," kata Ruhut.


Keputusan pengunduran diri ini, kata Ruhut, sudah dia sampaikan kepada Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono, Ketua Harian Syarif Hasan, dan Ketua Fraksi Nurhayati Ali Assegaf. "Mereka sebenarnya tidak bisa terima," ujar dia.


Ruhut pun, kembali meneteskan air matanya ketika dia mengenang ungkapan anaknya. "Papi jadi anggota saja sudah cukup sibuk, tidak jadi ketua sudah terkenal, banyak TV yang undang papi," kata Ruhut menirukan ucapan anaknya.


Mendengar pengunduran diri ini, Syarifudin Suding, Ahmad Yani dan Abu Bakar langsung menyalami Ruhut dan memeluknya. Ruhut juga mendatangi meja pimpinan untul menyalami Priyo Budi Santoso, Gede Pasek Suuardika, Al Muzammil Yusuf, Aziz Syamsudin dan Tjatur Sapto Edi.


Priyo Hormati


Priyo mengatakan, sangat menghormati keputusan Ruhut dengan mengundurkan diri. "Saya memberi penghormatan kepada Ruhut, demi kebaikan bersama, dengan mundur," kata Priyo yang memimpin forum ini.


Sebelum Ruhut mengatakan mengundurkan diri, Priyo memang suudah memutuskan untuk melaukan voting. Karena, beberapa anggota meminta untuk dilakukan voting. Tapi, hal itu batal karena Ruhut mengundurkan diri.


"Kami menghargai pandangan, Ruhut sebagai kandidat tunggal yang diusung oleh Fraksi Demokrat, beliau secara personal, dengan berbagai pertimbangan memutuskan mundur dari pencalonan. Posisi ketua hak Demokrat, kami berikan kewenangan lepada kapoksi untuk melaporkan pengunduran diri Ruhut dan mengajukan nama lain, untuk apakah hari ini juga atau minggu depan, kami serahkan pada Partai Demokrat," kata Priyo.


Sementara, Ketua Kelompok Fraksi Partai Demokrat, Edi Ramli Sitanggang, meminta rapat diskrors untuk musyawarah dengan anggota dari fraksi Demokrat untuk menentukan pengganti Ruhut.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya