Mendag Gita Wirjawan Ajukan Pengunduran Diri ke Presiden

Mendag Gita Wirjawan mengikuti pra-konvensi Demokrat.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusu
VIVAnews - Menteri Perdagangan Gita Wirjawan siap meninggalkan jabatan Menteri Perdagangan demi konvensi calon presiden Partai Demokrat yang diikutinya. Gita menyampaikan hal itu pada Jumat 20 September 2013, saat ditanya soal keseriusannya menjadi peserta konvensi.
Mengenal Sepak Terjang Karier Alvina Elysia, Dirut Perempuan di Anak Perusahaan Pupuk Kaltim

"Kemarin, saya sudah menyampaikan ke teman-teman di Malang dan Bapak Presiden (Susilo Bambang Yudhoyono) tentang keinginan saya untuk mengundurkan diri," kata Gita di Kementerian Perdagangan, Jakarta.
Iran Bantah Rudal Israel Meledak di Isfahan: Itu Drone yang Ditembak Jatuh

Gita mengatakan, apabila kepentingannya sebagai peserta konvensi berbenturan dengan kesibukannya sebagai menteri, maka ia siap meletakkan jabatannya di Kemendag. Namun, ia menyerahkan semua keputusan itu kepada Presiden SBY.
TNI Berduka, Letkol Marolop Meninggal Dunia 2 Hari Usai Serahkan Jabatan Komandan Kodim di Papua

"Kalau ada benturan kepentingan (saya mundur). Tapi, ini semua adalah hak prerogatif presiden. Itu sudah saya serahkan kepada presiden," ujar dia.

Gita menepis anggapan pengajuan mundur dirinya untuk lepas tanggung jawab  sebagai menteri. "Kewajiban yang paling mulia adalah (menjaga) supaya pangan kita kuat," tuturnya.

Selain Gita, Menteri BUMN, Dahlan Iskan, juga menjadi peserta Konvensi Partai Demokrat. Namun, Dahlan dalam beberapa kesempatan telah menegaskan tidak akan mudur dari jabatannya sebagai menteri dan tidak akan berkampanye selama konvensi.

Sedangkan, peserta lainnya, Dino Patti Djalal, mundur dari jabatannya sebagai duta besar RI untuk Amerika Serikat. Tujuannya untuk fokus pada penjaringan capres ini. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya