Puan: 2014, PDIP Targetkan 27 Persen Suara Pemilu

Puan Maharani
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto
VIVAnews
5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes
- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), menargetkan 27,02 persen untuk memenangkan Pemilu Legislatif 2014 mendatang. Dari jumlah itu, berarti PDIP menargetkan 152 kursi di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Persib vs Bhayangkara FC Imbang, Begini Komentar Bojan Hodak

"Penetapan jumlah ini, berdasarkan kalkulasi yang matang dengan mempertemukan berbagai variabel penting," kata Ketua DPP Bidang Politik, Puan Maharani dalam membacakan rekomendasi Rapat Kerja Nasional ke III PDIP, Minggu 8 September 2013.
Golkar: Kabinet Tidak Boleh Dibatasi karena Prerogatif Presiden


Pertimbangan itu, antara lain, dari hasil perolehan suara partai berdasarkan hasil Pemilu tahun 1999, 2004 dan 2009. Selain itu, juga berdasarkan hasil rekomendasi organisasi partai, pemetaan basis politik PDIP dan dinamika politik nasional berkaitan dengan daya saing partai politik peserta pemilu.


Ditanya usai membacakan rekomendasi tersebut, Puan mengaku optimistis jika partainya akan mendapat kursi sebanyak 152 di DPR. Sebab, target itu, berdasarkan Undang-undang Pilpres yang mengatakan minimal harus mendapatkan 20 persen kursi di DPR untuk mengajukan calon presiden dan wakil presiden.


"Bahwa kemudian kalau kami mempunyai target 27 persen kursi, ya insya Allah tidak ada hal yang tidak mungkin selama kerja kepartaian bisa dilakukan secara maksimal. Jadi namanya target memang merupakan satu ekspektasi yang kami harapkan bisa kami laksanakan. Yang pasti insya Allah minimal di atas 20 persen," kata Puan.


Untuk diketahui, hasil Pemilu 2009 lalu, PDIP memperoleh 16,78 persen suara dengan perolehan 94 kursi Dewan Perwakilan Rakyat. Sementara itu hasil survei sejumlah lembaga survei, menemukan elektabilitas PDIP saat ini yang tertinggi, rata-rata di atas 20 persen. Satu survei bahkan menemukan, jika dari dini PDIP mengumumkan Joko Widodo sebagai calon presiden, perolehan suara PDIP di Pemilu bisa lebih dari 30 persen. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya