Survei Ines: Prabowo dan Jokowi akan Bersaing di Pemilu 2014

Joko Widodo dan Prabowo Subianto
Sumber :
  • Antara/ Yudhi Mahatma

VIVAnews – Indonesia Network Election Survey (Ines) merilis hasil survei nasional terkait calon presiden, Kamis 5 September 2013. Dalam survei yang digelar 16-30 Agustus 2013 itu, Ines memprediksi Prabowo Subianto dan Joko Widodo (Jokowi) akan bersaing pada putaran final Pemilihan Presiden 2014.

“Prabowo mempunyai elektabilitas 34,6 persen, sedangkan Jokowi 21,4 persen,” kata Direktur Eksekutif Ines, Irwan Suhanto, dalam konferensi pers di Cikini, Jakarta.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bogor, Bandung Jumat 26 April 2024

Prabowo saat ini menjabat Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, sedangkan Jokowi kader PDIP yang terpilih sebagai Gubernur DKI Jakarta setelah diusung PDIP dan Gerindra.

Ines membeberkan alasan kenapa dalam surveinya elektabilitas Prabowo bisa mengungguli Jokowi; tak sama dengan survei-survei lainnya. Kepemimpinan tegas disebut Ines menjadi faktor utama keunggulan Prabowo. “Masyarakat ingin punya pemimpin dengan gaya kepemimpinan antitesa dari SBY,” kata dia.

Dalam survei Ines, Prabowo memperoleh nilai tertinggi dalam kategori tokoh yang memiliki kepemimpinan yang baik, yaitu 98,7 persen. Mantan Danjen Kopassus yang pernah divonis terlibat penculikan sejumlah aktivis itu dinilai memiliki karakter yang tegas, jujur, tidak peragu, bersih, dan tidak korupsi. 

Survei Ines mengambil sampel 8.280 responden yang punya hak pilih pada Pemilu 2014. Mereka tersebar di 33 provinsi, 390 kabupaten, 92 kotamadya, 600 desa, dan 435 kelurahan. Tingkat kesalahan atau margin of error dalam survei ini sekitar 1,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Penarikan sampel menggunakan metode stratified random sampling atau secara acak atas dasar provinsi, proporsi desa kota, penghasilan, dan jenis kelamin. Sementara pengumpulan data dilakukan melalui tatap muka langsung atau face to face dengan kuesioner. Pewawancara adalah anggota Serikat Pekerja BUMN Bersatu di seluruh Indonesia. (kd)

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental
Pemain Timnas Indonesia U-23, Pratama Arhan

Erick Thohir: Generasi Emas Timnas Indonesia Terus Ciptakan Sejarah Baru

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengungkapkan rasa syukur dan bangga yang luar biasa atas keberhasilan Timnas Indonesia U-23 melaju ke babak semifinal Piala Asia U 23 2024

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024