Pasek: Yang Ganggu SBY Bukan Sengman, Tapi "Sengkuni Man"

Ruhut Sitompul dan Gede Pasek Suardika
Sumber :
  • Antara/ Dhoni Setiawan
VIVAnews
7 Rahasia Google
– Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat Gede Pasek Suardika, Selasa 3 September 2013, mengatakan tak mengenal sosok Sengman yang disebut terdakwa kasus suap impor daging sapi Ahmad Fathanah dalam percakapannya dengan Ridwan Hakim – putra Ketua Majelis Syuro PKS Hilmi Aminuddin, yang disadap KPK.

Soal Koalisi Besar, AHY Sebut Prabowo Punya Pertimbangan Matang

Dalam persidangan pekan lalu, Ridwan mengatakan Sengman yang disebut Fathanah mengantarkan uang Rp40 miliar dari PT Indoguna Utama – perusahaan yang mengajukan tambahan kuota sapi impor ke Kementerian Pertanian – untuk Hilmi, merupakan utusan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
Ayah Chandrika Chika Bantah Anaknya Pakai Narkoba Setahun: Ambil Berita Langsung dari Sumbernya


Namun Pasek tak percaya Presiden SBY terlibat dalam kasus tersebut. “Ridwan mengaitkan Sengman dengan Presiden SBY karena dia gelisah dan terpojok atas kasus yang menimpa dia dan orangtuanya. Jadi dia ingin isu itu larinya ke Sengman dan SBY, bukan ke orangtuanya,” kata Ketua Komisi III DPR itu.


Pasek sendiri tidak tahu Sengman itu siapa. “Saya tidak pernah lihat dia. Saya kira awalnya Sengman itu malah nama perusahaan, bukan nama orang. Ini masih sumir. Saya yakin SBY
clear
,” kata dia.


Karib Anas Urbaningrum itu juga yakin SBY tak akan terganggu dengan isu Sengman ini. “Yang mengganggu SBY bukan Sengman, tapi Sengkuni Man,” ujar Pasek. Soal Sengkuni ini dulu pernah diributkan Demokrat di akhir masa kepemimpinan mantan Ketua Umum Demokrat Anas Urbaningrum.


Ketika itu Anas memasang tulisan “Politik Para Sengkuni” di status BlackBerry Messenger (BBM)-nya. Sengkuni adalah salah satu karakter dalam kisah Mahabharata yang digambarkan sebagai tokoh antagonis, tukang adu domba, dan pendukung kelompok Kurawa dalam menjatuhkan Pandawa.


Banyak pihak kemudian menduga Sengkuni itu adalah julukan Anas untuk para sesepuh Demokrat yang mencoba menjatuhkannya. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya