POLITIK

Uang Reses Anggota DPR Naik, Rp1 Miliar Per Tahun

"Jumlahnya bisa mencapai Rp1 miliar, itu belum termasuk gaji."

ddd
Kamis, 15 Agustus 2013, 16:23
Anggota DPR mengikuti Rapat Paripurna
Anggota DPR mengikuti Rapat Paripurna (VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis)
VIVAnews - Uang reses anggota DPR RI naik. Totalnya mencapai Rp1 miliar per tahun. Sekretaris Fraksi Partai Demokrat DPR Saan Mustopa mengingatkan agar uang reses yang sangat besar itu benar-benar dimanfaatkan untuk rakyat.

"Sekarang sekali reses sekitar Rp150 juta, setahun ada empat kali reses, itu uang untuk penyerapan aspirasi yang memang harus kita gunakan untuk kegiatan dengan konstituen," kata Saan di Jakarta, Kamis, 14 Agustus 2013.

Uang reses Rp600 juta per tahun tersebut masih ditambah uang transportasi dan kunjungan ke daerah sebesar Rp30 juta sekali turun ke lapangan, sebanyak 15 kali pertemuan setahun. "Jumlahnya bisa mencapai Rp1 miliar, itu belum termasuk gaji," katanya.

Saan mengaku menghabiskan uang reses dan biaya akomodasi untuk aktivitas sosial. Namun, kata dia, tak banyak anggota DPR yang memanfaatkan uang reses untuk turun ke lapangan. Padahal jumlahnya sangat besar.

Dia mengingatkan agar anggota DPR benar-benar turun ke daerah agar citra DPR kembali pulih. "Itu cukup untuk menjalankan fungsi representasi. Jadi itu penting untuk menghapus persepsi negatif publik yang berdasarkan opini bisa tertolong. Minimal masyarakat bisa melihat bahwa kenyataannya anggota DPR ke dapil menjalankan fungsi representasi," katanya. (eh)


© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
cangkeme
16/08/2013
kuraaaang, naikin lagi jadi 10 milyar dong biar pada puas!!
Balas   • Laporkan
asep.akang
16/08/2013
bagus bagus bagoes.. makin jaoh aja nih jurang pemisah status sosial di negara kita ini.... ck ck ck
Balas   • Laporkan
muhammad.makhfudz
16/08/2013
Gudangnya koruptor dan Pembantai,karena selalu tertangkap korupsi dan Pembantai karena selalu gagalkan usulan kenaikan Gaji PNS dg alasan seribu alasan rutin yg katanya penyebab inflasi dan kemampuan finansial negara yg tipis
Balas   • Laporkan
roef.lubis
15/08/2013
Setiap perbuatan pasti mendapat ganjaran yang setimpal, memang saat ini belum terlihat, makanya negara ini carut marut karena sang pemangku amanat rakyat tidak amanah.
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id