TUTUP
TUTUP
POLITIK

Eks Menteri Agama Jadi Ketua Komite Konvensi Demokrat

Maftuh Basyuni telah menerima tawaran sebagai anggota Komite Konvensi.
Eks Menteri Agama Jadi Ketua Komite Konvensi Demokrat
Maftuh Basyuni (VIVAnews/Anhar Rizki Affandi)
VIVAnews – Partai Demokrat telah membentuk Komite Konvensi Calon Presiden yang bakal digelar partai itu September 2013. Ketua Harian Partai Demokrat Syarif Hasan mengatakan partainya menunjuk mantan Menteri Agama Maftuh Basyuni sebagai Ketua Komite Konvensi Capres.

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Max Sopacua mengatakan Maftuh punya pengalaman politik, meskipun tidak pernah masuk partai. “Dia independen, tidak ke kiri atau ke kanan. Secara kasat mata, dia punya kredibilitas dan visi yang sangat independen,” kata Max, Selasa 30 Juli 2013.

Namun Maftuh sendiri belum mengetahui penunjukannya sebagai Ketua Komite. Menurut Maftuh, dia memang diminta menjadi salah satu anggota Komite Konvensi, dan dia sudah menerima tawaran itu. Tapi Komite Konvensi sendiri menurutnya belum resmi dibentuk.

“Saya sudah diminta jadi anggota, dan saya sudah terima. Komite juga belum terbentuk secara resmi,” kata Maftuh. Ia enggan menjelaskan lebih lanjut soal konvensi Demokrat. “Nanti akan disampaikan oleh Demokrat siapa saja nama-nama yang diundang. Saya tidak berbicara untuk itu,” ujar Maftuh.

Ia pun tak mau berkomentar banyak soal penunjukannya sebagai Ketua Komite Konvensi. “Kita lihat saja nanti. Yang pasti saya ingin komite independen dan bebas dari pengaruh partai dalam proses konvensi,” kata Maftuh.

Sejauh ini Demokrat sudah mengantongi 16 nama calon anggota Komite Konvensi, termasuk Maftuh. Dari ke-16 nama tersebut, 7 berasal dari internal partai, dan 9 dari luar partai. Namun jumlah anggota komite itu masih bisa bertambah.

Menurut Syarif Hasan, selain Maftuh, calon anggota komite dari eksternal Demokrat adalah mantan Ketua KPK Taufiequrachman Ruki, pakar komunikasi politik Effendi Ghazali, pakar ekonomi politik Christianto Wibisono, pengusaha Theodore P Rachmat, dan Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Wishnu Wardhana.

Sedangkan calon anggota komite dari internal partai antara lain Ketua Divisi Komunikasi Publik Demokrat Hinca Panjaitan, anggota Dewan Kehormatan Demokrat Suaidi Marasabessy, Ketua Departemen Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Demokrat Andi Timo Pangerang, dan Wakil Bendahara Umum Demokrat Indrawati Sukadis. (umi)
KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP