POLITIK

Panitia Konvensi Capres Demokrat Diumumkan Awal Agustus

Jero Wacik menolak menyebut nama-nama mereka.

ddd
Sabtu, 27 Juli 2013, 23:58
Konvensi Capres Demokrat 2014 diluncurkan
Konvensi Capres Demokrat 2014 diluncurkan  
VIVAnews - Panitia konvensi capres Partai Demokrat bakal segera terbentuk. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memanggil 16 calon anggota panitia konvensi itu usai menggelar buka puasa bersama di Puri Cikeas malam ini.

Menurut keterangan Jero Wacik, Sekretaris Dewan Pembina DPP Partai Demokrat, nama-nama anggota panitia konvensi bakal diumumkan minggu depan, awal Agustus 2013. Jumlah 16 orang yang menjadi calon anggota panitia hingga hari ini saja belum final. Bisa saja bertambah satu atau dua orang lagi. Setelah final, barulah nama-nama itu akan diumumkan.

"Setelah SK keluar, akan saya umumkan. Saya belum pernah menyebut nama siapapun, karena memang aturanya begitu," ucap Jero menjelaskan. Setelah turun SK dan diumumkan, barulah panitia konvensi itu akan bekerja mencari calon terbaik dan menggodoknya untuk mewakili Demokrat di Pemilu 2014 mendatang.

Wacana konvensi itu sendiri muncul karena Demokrat menginginkan capres terbaik. Pasalnya, ketua umum sekaligus ketua dewan pembina SBY, sudah dua kali menjadi presiden. Undang-undang tidak mendukungnya untuk terpilih kembali. Kalaupun UU bisa diubah, tegas Jero, SBY sudah memutuskan dengan mantap dirinya tak berminat maju kembali.

"Karena itulah gagasan membuat konvensi capres ini muncul. Jelas capres saja, tidak ada cawapres," ujarnya lagi.

Sejauh ini ada 16 pihak yang diundang untuk menjadi calon anggota panitia konvensi capres Demokrat. Sembilan di antaranya merupakan orang di luar partai yang dianggap kredibel dan bereputasi, sedangkan tujuh lainnya merupakan orang dalam Demokrat.

Setelah menggelar buka bersama pengurus Partai Demokrat di Puri Cikeas, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengumpulkan calon panitia konvensi capres untuk partainya. "Dalam pertemuan itu dijelaskan apa yang akan dilakukan dalam konvensi capres Partai Demokrat," tutur Jero.

Melalui pertemuan itu, SBY menegaskan wacana konvensi capres itu sangat serius. Itu sebabnya anggota panitia pun dipilih satu per satu dengan selektif. Hingga saat ini, Jero menuturkan, terdapat 16 calon anggota panitia. Menteri ESDM itu melanjutkan, sebagian besar calon anggota panitia konvensi bukan berasal dari Demokrat.

"Dari 16 orang itu, sembilan orang luar dan tujuh orang dalam (partai)," ujarnya menyebutkan. Orang luar yang dimaksud Jero, adalah tokoh-tokoh independen yang dianggap kredibel, punya reputasi, baik, serta hebat. Ada dari akademisi, praktisi, dan bidang lain. Ada pula calon panitia yang berasal dari partai lain. "Ada dua partai lain," katanya menyebutkan.

Sayang, ia belum bersedia mengungkapkan nama-nama calon yang tadi diundang SBY. Yang jelas, jumlah 16 itu pun masih sementara. Jika diperlukan, bakal ada tambahan satu atau dua orang lagi. Jumlah itu memang sengaja diperbanyak karena pekerjaan yang bakal dilakukan mereka tidak sederhana. "Mengatur talkshow, debat, program TV, dan membawa calon kesana-kemari keliling Indonesia," Jero mengatakan. (eh)


© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com

Konten ini dikirimkan oleh pembaca anggota VIVAlog