Demokrat: Sebelum Jokowi, SBY Sudah Lakukan Blusukan

pengungsi Desa Kute Delime Aceh SBY
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rahmad

VIVAnews - Blusukan atau kunjungan ke kampung-kampung dan langsung berinteraksi dengan warga identik dengan gaya kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo.

Tak hanya saat memimpin Jakarta, Joko Widodo sudah melakukan blusukan ketika masih menjabat Wali Kota Solo. Rupanya, gaya blusukan Jokowi itu kembali mendapat perhatian.

Respons Nagita Slavina Saat Tyas Mirasih Ingin Jual Tas demi Biaya Pengobatan

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Nurhayati Ali Assegaf, Selasa 23 Juli 2013 mengatakan, blusukan seperti yang dilakukan Jokowi sudah dilakukan Susilo Bambang Yudhoyono sejak tahun 2004 lalu. Ketika SBY mencalonkan diri sebagai presiden.

"Banyak sekali pemimpin daerah yang blusukan sama rakyatnya. SBY sudah lakukan sejak tahun 2004. Jadi itu bukan gaya Jokowi," kata Nurhayati. Pada saat blusukan, kata Nurhayati, SBY tidak mengundang pers. Sehingga tidak dipublikasi.

Kata Nurhayati, banyak wali kota dan bupati lain di Indonesia yang lebih merakyat ketimbang Jokowi. Bahkan, katanya, Gubernur Jawa Timur Sukarwo lebih merakyat dan lebih natural ketimbang Jokowi.

Menurut Nurhayati, sudah menjadi kewajiban seorang pemimpin mendatangi dan bertemu langsung dengan rakyatnya. Begitu juga dengan Jokowi.

"Itu tanggung jawab dia sebagai gubernur terpilih. Yang jelas yang diharapkan bukti, bukan gaya blusukan apa yang sudah dikerjakan. Kalau klaim gaya blusukan Jokowi kurang pas, karena pemimpin punya kewajiban bertemu rakyatnya," tuturnya. (umi)

Gambar Nyamuk DBD

Health Minister Ensures Hospitals Ready to Handle Dengue Patients

The number of dengue fever cases in Indonesia has increased, with over 35,000 patients so far. Meanwhile, 390 people have died due to dengue fever.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024