Tetap Dicoret Bawaslu, Bakal Caleg PAN Mengadu ke DKPP

Caleg PAN Selviana Sofyan (kiri) dan elite PAN lainnya
Sumber :
  • Antara/ Reno Esnir
VIVAnews
AC Milan Jangan Gegabah Ganti Pioli dengan Conte
- Bakal calon legislatif (bacaleg) Partai Amanat Nasional (PAN) Selviana Sofyan Husen mengadukan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Selviana menduga pimpinan Bawaslu sudah melanggar kode etik karena mencoret dirinya di Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatera Barat I.

Mau Lebaran, Dua Kepala Sekolah Malah Jadi Tersangka Korupsi PPPK di Langkat

"Selviana sudah nyata-nyata lulus, dan sudah dilengkapi dengan dokumen karena yang bersangkutan lulus dari sekolah di Swiss," kata kuasa hukum Selviana, Didi Supriyanto, di Gedung DKPP, Jakarta, Selasa 16 Juni 2013.
Cara Ruqyah Diri Sendiri Sesuai Syariat Islam, Agar Terbebas dari Gangguan Jin


Didi mengakui ijazah SMA Selviana sempat hilang. Namun kemudian sudah diurus oleh Kedubes Indonesia di Swiss yang dikuatkan oleh saksi-saksi, dan polisi setempat. "Kementerian Pendidikan juga sudah mengeluarkan pernyataan, dan sudah diajukan dalam sengketa pemilu," ujarnya.


Didi mengklaim KPU dalam persidangan di Bawaslu juga menyatakan Selviana memenuhi syarat. Namun Bawaslu membuat keputusannya sendiri yang membuat Selviana akhirnya tetap dicoret. "Kami menuntut keadilan bukan cuma di DKPP, sampai beliau dipulihkan bukan cuma secara moril. Nahas sekali kalau yang bersangkutan dibilang tidak lulus sekolah," tuturnya.


Sementara itu, Selviana mengungkapkan kekecewaannya atas putusan Bawaslu. Dia merasa telah mengajukan data administrasi secara lengkap tetapi tidak diloloskan. "Padahal data tersebut tidak mudah didapat," katanya.


Selviana mengaku memiliki banyak pendukung. Pengalaman ikut dalam ajang olah raga seperti Sea Games membuatnya cukup dikenal sebagai seorang atlet. "Saya pikir saya harus perjuangkan nasib atlet-atlet karena banyak yang tidak tertampung pendidikan, dan kehidupannya," katanya. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya