Survei LSN: JK Paling Berpeluang Menang Konvensi Demokrat

Ekspresi Jusuf Kalla saat telepon SBY ucapkan selamat
Sumber :
  • Antara/ Saptono

VIVAnews – Lembaga Survei Nasional (LSN) memprediksi konvensi calon presiden Partai Demokrat akan dimenangkan tokoh dari eksternal partai. Setidaknya ada tiga nama yang berdasarkan survei LSN tampil sebagai kandidat terkuat.

“Jusuf Kalla, Dahlan Iskan, dan Mahfud MD berpeluang jadi pemenang apabila publik dilibatkan dalam penentuan pemenangan konvensi tersebut,” kata peneliti LSN, Gema Nusantara, dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa 16 Juli 2013.

LSN sengaja memasukkan tokoh-tokoh yang belakangan santer disebut, dalam materi pertanyaan mengenai konvensi capres Demokrat. Dalam survei itu, responden diberi pertanyaan tertutup, “Jika konvensi Partai Demokrat diikuti oleh tokoh-tokoh berikut ini dan Anda diberi kesempatan untuk memilih, siapakah yang akan Anda pilih?”

“Pak JK, Gita Wirjawan, Dahlan Iskan, Mahfud MD kami masukkan dalam kategori pilihan tokoh tersebut,” ujarnya.

Tokoh-tokoh dari internal Partai Demokrat justru berada di urutan menengah ke bawah. Alasannya, publik masih menilai mereka terkait dengan kasus korupsi yang melanda sejumlah kader partai. “Ani Yudhoyono ada di urutan keempat dan Marzuki Alie kelima. Sedangkan Jero Wacik dan Syarif Hasan keluar dari posisi lima besar,” kata Gema.

Berikut daftar elektabilitas sejumlah tokoh yang kemungkinan mengikuti konvensi Partai Demokrat:

1. Jusuf Kalla 21,2 persen
2. Dahlan Iskan 18,2 persen
3. Mahfud MD 14,3 persen
4. Ani Yudhoyono 7,1 persen
5. Marzuki Alie 4,3 persen
6. Gita Wirjawan 3,2 persen
7. Sri Mulyani 3,1 persen
8. Pramono Edhie Wibowo 1,9 persen
9. Soekarwo 1,7 persen
10. Jero Wacik 1,4 persen
11. Djoko Suyanto 1,1 persen
12. Irman Gusman 0,9 persen
13. Syarif Hasan 0,7 persen
14. Hayono Isman 0,7 persen
15. Tidak memilih 20,2 persen

Survei LSN digelar tanggal 1-10 Mei 2013 di 33 provinsi yang ada di seluruh Indonesia. Populasi dari survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang minimal telah berusia 17 tahun. Jumlah sampel sebesar 1.230 responden yang diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertingkat atau multistage random sampling, dengan margin of error 2,8 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Sementara itu, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka dengan bantuan atau pedoman kuesioner. Responden terdistribusi 50 persen laki-laki dan 50 persen perempuan. Hasil survei juga dilengkapi dengan riset kualitatif berupa media analisis dari sejumlah surat kabar nasional dan daerah. (umi)

Baca juga:

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini
Rizky Nazar dan Syifa Hadju

Tegaskan Hubungan dengan Syifa Hadju Baik-baik Saja, Rizky Nazar: Tidak Ada Orang Ketiga

Aktor Rizky Nazar akhirnya angkat bicara mengklarifikasi kabar miring tentang dirinya yang diduga telah berselingkuh. Diketahui, hubungan asmara Rizky dengan Syifa Hadju.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024