Konvensi Demokrat, Ramadhan Pohan Jagokan Anies Baswedan

Mahfud MD, Anas Urbaningrum dan Anies Baswedan
Sumber :
  • Antara/ Wahyu Putro A

VIVAnews - Partai Demokrat akan menggelar konvensi semi terbuka, awal September 2013 untuk memilih bakal calon presiden. Sejumlah tokoh pun muncul dan dijagokan.

Hattrick! Pendeta Gilbert Dilaporkan Lagi soal Penistaan Agama ke Polda Metro

Tapi, Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Ramadhan Pohan, menilai, ada beberapa kandidat kuat yang belum terungkap ke media massa.

Dihubungi VIVAnews, Rabu 10 Juli 2013, Ramadhan mengungkap nama baru, Anies Baswedan, yang kini menjabat sebagai Rektor Universitas Paramadina, Jakarta. Ramadhan mengakui, elektabilitas Anies memang belum tinggi. Namun, imbuhnya, akseptabilitas yang bersangkutan bagus.

"Dengan gerakan 'Indonesia Mengajar,' Anies mampu melahirkan ribuan kader pengajar muda. Ini sangat jelas sebagai suatu karya membangun Indonesia," kata dia.

Dengan akseptabilitas yang cukup tinggi, Ramadhan yakin elektabilitas Anies akan mengikuti di belakangnya. Apalagi, dalam suatu survei, elektabilitas Anies pernah mengalahkan salah satu capres partai lain, tahun lalu.

Ramadhan mengungkapkan, Demokrat ingin wajah baru dalam menjaring bakal calon presiden. "Ada dua kriteria yang harus dipenuhi. Salah satunya, tidak menjadi capres di partai lain," jelasnya.

Syarat lain, tentu saja bersedia mengikuti tahapan konvensi Demokrat. Dia pun berharap Komite Konvensi yang akan dibentuk Agustus nanti bisa menjaring tokoh-tokoh seperti Anies. "Komite ini terdiri atas tujuh orang. Empat dari luar Demokrat," jelasnya. (art)

Sekretaris Jenderal DPP PKS Habib Aboe Bakar

Sekjen PKS: Kalau Pak Prabowo Datang Kita Akan Beri Karpet Merah Sebagai Presiden Pemenang

Partai Keadilan Sejahtera, siap menggelar karpet merah untuk Prabowo Subianto, Presiden terpilih Pilpres 2024. Itu akan dilakukan jika Prabowo hadir di halal bi halal PKS

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024