Demokrat Rela Usung Capres Non-Kader?

Partai Demokrat buka pendaftaran Caleg DPR 2014
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Andi Nurpati, menyatakan partainya siap mengusung calon presiden (capres) dari luar partai.

Menginspirasi Generasi Baru, Fashion Crafty Jakarta Hadirkan Kolaborasi Fashion Photos Project 5

Hal tersebut merupakan salah satu alasan diselenggarakannya  konvensi pada Agustus 2013, untuk menjaring tokoh terbaik untuk menjadi capres. "Kalau nanti akhirnya calon presidennya bukan kader Demokrat, kami sudah rela," kata Andi di kantor KPU, Jakarta, Jumat 5 Juli 2013.

Tak hanya itu, menurut Andi, partai pimpinan Susilo Bambang Yudhoyono itu juga tidak keberatan jika harus mengusung calon wakil presiden (cawapres) yang bukan kadernya.

Hal itu karena keputusan mengenai siapa yang akan diusung dalam pilpres 2014 diserahkan sepenuhnya ke tangan majelis tinggi. "Bisa juga tidak ada kader Demokrat, dua-duanya adalah dari luar," ujarnya.

Demokrat, kata dia, saat ini tengah berusaha mendengarkan aspirasi rakyat. Dan melalui sebuah survei dari lembaga-lembaga yang dipilih Demokrat, Majelis Tinggi akan menentukan capres-cawapres yang mempunyai rating tertinggi. "Pak SBY sedang memikirkan kombinasi capres-cawapres," tuturnya.

Andi yakin, konvensi dan pilihan SBY merupakan capres dan cawapres terbaik. "Pak SBY bukan orang yang baru berpolitik, terpilih sebagai presiden dua periode, pengalaman kongres Partai Demokrat sudah ada. Belum pernah kami mendengar keputusan SBY yang tidak demokratis," imbuhnya.

Andi mencontohkan sikap demokratis SBY dalam kongres di Bandung tahun 2010. Dia membebaskan anaknya Edhie Baskoro Yudhoyono untuk mendukung Andi Mallarangeng meskipun ketua umum terpilih pada akhirnya adalah Anas Urbaningrum.

"Bagaimana mengatakan SBY tidak demokratis? Apalagi konvensi capres melibatkan orang di luar Partai Demokrat. Beliau sangat menjunjung tinggi demokrasi," cetusnya.

Andi mengatakan konvensi Partai Demokrat digelar secara semi terbuka untuk publik. Metode yang akan digunakan adalah memilih tokoh-tokoh terbaik berdasarkan riset lembaga-lembaga survei yang independen.


Kubu 03 Bantah Pemilu Ulang Hambat Pelantikan Presiden Terpilih: Alasan Mengada-ada
Lemon dan madu

5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa

Radang tenggorokan saat berpuasa bisa menjadi hal yang menyebalkan. Rasa gatal, perih dan kering di tenggorokan dapat mengganggu ibadah dan aktivitas sehari-hari.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024