Lima Kandidat Kuat Ketua MPR Pengganti Taufiq Kiemas

Jokowi Temani Megawati dan Keluarga Mencoblos di TPS 031
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin
VIVAnews -
Nasdem Bakal Gabung Koalisi Prabowo-Gibran, PKS Sebut Surya Paloh Cantik Bermain Politik
Sekretaris Fraksi PDI-Perjuangan, Bambang Wuryanto, Selasa 2 Juli 2013, menyatakan telah memberikan lima nama calon kandidat pengganti Taufiq Kiemas sebagai ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

Menang di Laga Perdana Proliga, Jakarta LavAni Akui Masih Punya Kekurangan

Kelima nama tersebut yaitu Pramono Anung, Tjahjo Kumolo, Puan Maharani, Sidharto Danusubroto, dan I Made "Lolik" Sudiadnyana. Dari lima nama yang diajukan akan dipilih satu oleh Ketua Umum PDI-P yang juga istri Taufik Kiemas, Megawati Soekarnoputri.
Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%


Namun, hingga saat ini, Megawati belum memberikan keputusan siapa yang akan ditunjuk sebagai ketua MPR yang baru. "Semua keputusan ada di Ibu Mega. Kalau sudah kayak begini, kami
nggak
pernah tahu apa yang diinginkan beliau. Kadang-kadang keputusan Ibu sukar ditebak," kata Bambang di Gedung DPR, Jakarta.


Bahkan, Bambang melanjutkan, dia belum mengetahui kapan nama pengganti Taufik Kiemas akan diserahkan ke MPR. "Semuanya terserah Ibu Mega. Yang jelas semua masukan sudah disampaikan," ujar anggota Komisi VII DPR-RI ini.


Ketua MPR, Taufiq Kiemas, meninggal dunia pada 8 Juni 2013. Meski pimpinan MPR bersifat kolegial, undang-undang mengatur pengganti ketua MPR yang berhenti di tengah jalan harus dari partai yang sama. Saat ini,  tugas-tugas Taufiq Kiemas, untuk sementara waktu dilaksanakan oleh empat wakil ketua MPR lainnya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya