Presiden SBY: Pemilu 2014 Polri Harus Netral

Ilustrasi Apel Operasi Ketupat
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews
Persik Kediri Lapor Satgas Anti Mafia Bola Usai Dibantai Bhayangkara FC
- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta jajaran kepolisian bersikap netral dalam mengamankan Pemilihan Umum 2014. Presiden mengatakan dalam upacara peringatan hari Bhayangkara ke-67 di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Senin 1 Juli 2013.

Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024, Konsumsi Pertamax Series Naik 9 Persen

Presiden mengatakan, Pemilu dan kompetisi politik merupakan salah satu pilar demokrasi. Karena itu, Polri harus belajar dari Pemilu 2004 dan 2009 agar bisa bertindak profesional dan siap memelihara keamanan serta ketertiban Pemilu 2014. "Saya harap Polri dapat mencegah terjadinya pelanggaran hukum," kata SBY.
Jokowi Ungkap Skandal Pencucian Uang Lewat Kripto hingga Rp 139T


Di hari ulang tahunnya ini, Presiden meminta jajaran kepolisian menjunjung tinggi kode etik dalam setiap pelaksanaan tugas. Baik etika kepribadian, etika kelembagaan, etika kenegaraan, maupun etika hubungan dengan masyarakat. "Baik itu yang dilandasi nilai-nilai Pancasila, Tribrata, dan Caturprasetya Polri." katanya.


Presiden juga meminta Polri menuntaskan reformasi birokrasi, sehingga kepolisian bisa memberi pelayanan publik yang lebih responsif dan makin profesional.


Selain itu, poin lain yang dititik beratkan Presiden adalah kerjasama dengan penegak hukum lain. Presiden meminta kepolisian meningkatkan koordinasi dan komunikasi agar bisa bersinergi. Bukan bersaing tidak sehat, apalagi memperebutkan kewenangan.


Saksikan tari kolosal
Dalam peringatan itu, Presiden disuguhi pertunjukan berbagai keterampilam polisi, dua di antaranya beladiri dan tarian kolosal yang melambangkan sinergri antara polisi dan masyarakat. Dalam acara itu turut hadir Wakil Presiden Boediono, Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi, Kepala Badan Intelejen Nasional Marsianu Norman, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo.


Peringatan ini merupakan puncak dari semua rangkaian ulang tahun Polri. Rangkaian sebelumnya adalah pameran peralatan polisi yang selenggarakan di Monumen Nasional, 29-30 Juni.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya