PDIP Siapkan Sekolah Calon Bupati

Kampanye Mega-Pro
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis
VIVAnews
Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani
- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tengah menyiapkan sekolah partai untuk para calon kepala daerah seperti bupati. PDIP menilai program itu sebagai salah satu wujud pelaksanaan fungsi partai dalam mendidik calon-calon pemimpin bangsa.

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia

"Tentu saja kami melihat ada beberapa model-model kepemimpinan yang diterima oleh rakyat dari kepala daerah kita," kata Wakil Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristianto, saat ditemui di Hotel Sahid, Jakarta, Selasa 25 Juni 2013.
Berpengalaman di DPR, Sumail Abdullah Dinilai Berpotensi Maju Pilkada Banyuwangi


Hasto mengatakan sekolah PDIP mendasarkan pola kepemimpinan yang berorientasi kepada masyarakat kecil. Selain itu, para peserta akan diajari bagaimana membuat kebijakan-kebijakan yang membebaskan rakyat dari kemiskinan, menciptakan lapangan pekerjaan, tata kelola kota yang berpihak pada terciptanya infrastruktur ekonomi kerakyatan.


"Ini kemudian kami jadikan platform. Dan menjadi bagian dari kurikulum partai ketika kami mempersiapkan calon pemimpin tersebut," ujarnya.


Hasto melanjutkan proses rekrutmen peserta akan berlangsung terbuka bagi seluruh masyarakat. Hanya saja, syarat sebelum dinyatakan lulus, seorang calon peserta harus menjadi anggota atau kader PDIP terlebih dahulu.


"Bagi mereka yang punya minat untuk terpanggil sebagai kepala daerah mereka bisa melamar untuk masuk, mengajukan permohonan sebagai anggota PDIP. Dengan menjadi anggota PDIP itu mereka bisa mengikuti pendidikan politik untuk calon-calon kepala daerah itu," katanya.


Hasto menambahkan PDIP juga bekerja sama dengan para ahli dan kalangan profesional seperti psikolog.  Hal itu untuk menambah kualitas dari para peserta didik. "PDIP akan melakukan rekrutmen secara serentak terhadap calon-calon kepala daerah tersebut. Dan mempersiapkan dalam sekolah partai," ucapnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya