Aburizal Bakrie Ziarah ke Makam Guru Pendiri NU

Aburizal Bakrie Temui Pedagang Pasar Senen
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Ketua Umum Partai Golkar, Aburizal Bakrie, berziarah ke makam KH Muhammad Kholil atau Syaikhona Kholil di Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Kamis, 13 Juni 2013. Syaikhona Kholil disebut sebagai guru dari para guru, karena muridnya banyak yang menjadi kiai/ulama besar di Jawa dan Madura. Salah satunya ialah KH Hasyim Asy'ari, pendiri Nahdlatul Ulama (NU).

Ulama lain yang pernah nyantri kepada Syaikhona Kholil adalah KH Abdul Wahab Chasbullah (pendiri Pesantren Tambak Beras, Jombang), KH Bisri Syansuri (pendiri Pesantren Denanyar, Jombang), KH Ma’shum (pendiri Pesantren Lasem, Rembang, adalah ayahanda KH Ali Ma’shum), KH Bisri Mustofa (pendiri Pesantren Rembang), dan KH As’ad Syamsul Arifin (pengasuh Pesantren Asembagus, Situbondo).

Dalam kesempatan ziarah ke pesarean yang terletak di Desa Martajasah itu, Aburizal didampingi Bupati dan mantan Bupati Bangkalan, Makmun Ibnu Fuad dan Fuad Amin Imron. Keduanya adalah cicit dan cucu Syaikhona Kholil. Fuad Amin Imron adalah cucu sang mahaguru, sedangkan Makmun Ibnu Fuad ialah putra kedua Fuad Amin Imron.

Segera setelah tiba di makam yang berlokasi di satu sudut masjid bernama Syaikhona Kholil, ARB --sapaan Aburizal-- langsung memanjatkan doa di depan pusara. Di samping kanan dan kirinya diapit Fuad Amin Imron dan Makmun Ibnu Fuad.

Detik-detik Pelaku Dugaan Pelecehan Seksual Anak di Bawah Umur Diamuk Massa

Setelah menaburkan kembang di pusara, ARB menggelar doa tahlil bersama dengan sejumlah kiai dan pimpinan pesantren setempat.

Sebelumnya, calon presiden yang diusung Partai Golkar itu menghadiri peringatan Isra Mi'raj di Pendopo Agung, Kabupaten Bangkalan. Acara itu diikuti lebih dari 3.000 orang yang terdiri atas warga setempat dan tokoh masyarakat serta pimpinan pesantren se-Kabupaten Bangkalan. (art)

Timnas Indonesia vs Australia di Piala Asia U-23

Jangan Ragukan Nasionalisme Pemain Naturalisasi Indonesia

Pemain naturalisasi Indonesia disebut oleh Ketua Umum PSSI, Erick Thohir sudah menunjukkan sikap yang luar biasa ketika mengenakan jersey Timnas Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024