Puan Gantikan Ayahnya, Lukman Hakim: Silakan Saja

Puan Maharani
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Wafatnya ketua MPR RI Taufiq Kiemas menjadikan jabatan tertinggi di lembaga tersebut mengalami kekosongan. Sesuai dengan aturan Undang-Undang MPR, DPR, DPRD, dan DPD (MD3) jabatan ini tidak boleh kosong lebih dari 30 hari. Berdasarkan aturan ini Puan Maharani digadang akan menjadi penggantinya.

"Peluang Mbak Puan itu besar. Sesuai peraturan, pengganti diserahkan pada Fraksi PDIP. Semua berpulang ke FPDIP. Mereka punya pertimbangan tertentu dan saya yakin di sana banyak kemungkinan," kata Wakil Ketua MPR RI Lukman Hakim, di Gedung DPR RI, Senin, 10 Juni 2013.

Menteri Budi Arie Sebut Kominfo Take Down Ribuan Hoaks Soal Pemilu 2024

Politisi PPP ini menegaskan tidak akan ada intervensi anggota MPR RI lain dalam proses pengajuan nama ketua MPR RI. Baginya yang terpenting saat ini percepatan untuk mengisi kekosongan ketua. MPR berharap sudah ada pengajuan nama dari F PDIP dalam waktu satu minggu ini. Dan selanjutnya disahkan dalam paripurna dalam waktu 30 hari. "Pimpinan MPR menghargai penuh apa yang ditempuh F PDIP," katanya.

Sebelumnya Politisi PDI Perjuangan, Panda Nababan menilai, dua anak almarhum Taufiq Kiemas pantas menggantikan ketokohan ayahnya di PDI Perjuangan. Mereka adalah Mohammad Prananda Prabowo dan Puan Maharani.

Baginya Puan saat ini menjadi anggota Komisi I DPR. Dia juga merupakan Ketua Fraksi PDI Perjuangan di parlemen. Sementara Prananda atau yang akrab disapa Nanan memang belum terlalu muncul ke publik. Ia lebih banyak mendampingi ibundanya, Megawati Soekarnoputri, dan menyusun berbagai tulisan tentang gagasan Bung Karno. (umi)

Shanju Lalukan Hal Tak Terduga Saat Jonatan Christie Raih Gelar Juara All England 2024
Budi Arie Setiadi, Ketua Umum Projo, Menteri Komunikasi dan Informatika

Menkominfo: Hampir 92% Kebisingan Ruang Digital Isinya Buzzer

Menteri Komunikasi dan Informatika RI Budi Arie Setiadi menyatakan bahwa hampir 92 persen kebisingan yang terjadi dalam ruang digital di Indonesia dipenuhi oleh buzzer.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024